Musim Rendeng Rentan Hama: Pakai Varietas Terbaik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Musim Rendeng Rentan Hama: Pakai Varietas Terbaik

Musim Rendeng Rentan Hama: Pakai Varietas Terbaik

Written By ayah satria on Kamis, 19 Oktober 2017 | 14.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Menjelang musim tanam rendeng saat ini, petani diimbau agar mempersiapkan lahan yang baik dan varietas padi yang disesuaikan dengan kondisi cuaca ataupun musim saat ini. Pasalnya, musim rendeng merupakan musim yang dinilai rentan dan terdapat lebih banyak gangguan hama kepada tanaman padi.
Menurut POPT Rawamerta Abdul Azis, menghadapi musim rendeng, tentunya petani harus mempersiapkan lebih banyak persiapan. Terutama pesiapan lahan agar meminimalisir perkembangan OPT yang masih terdapat tunggul padi. "Mentraktor lahan pertanian menjadi kewajiban yang tak boleh ditinggalkan, untuk meminimalisir perkembangan OPT, terutama OPT yang masih terdapat ditunggul padi harap ditraktor," katanya, kepada Radar Karawang.
Selebihnya, pembersihan satu hamparan sebelum ada persemaian dengan menggunakan pupuk organik dan kaptan pada lahan untuk memperbaiki tanah. Mengingat, pupuk organik akan lebih mudah memuai dan tidak banyak mengandung bahan kimia. Agar tanaman padi tidak mudah diserang hama, ia mengimbau kepada petani agar menanam jenis varietas yang tahan terhadap Wereng Batang Coklat (WBC), seperti varietas Inpari 31, 32, 33, 42 dan 43. Karena prakiraan hama dan penyakit yang akan mengancam pada musim depan yaitu diantaranya WBC, virus kerdil rumput, kerdil hampa, penggerek batang padi, tikus dan kresek. "Untuk musim rendeng itu kemungkinan hamanya akan lebih banyak, jadi petani harus segera siap dan mengetahui cara mengatasi dan memberantasnya," ujarnya.
Sedangkan menurut Khoerudin, petani asal Desa Kutawargi, musim rendeng kali ini memang musim yang sangat dikhawatirkan oleh para petani. Selain masa tanam yang akan lebih banyak tantangan, harga jual pun bisa merosot lebih jauh akibat kondisi cuaca. Oleh katena itu, dirinya lebih seruju dengan imbauan para PPL dan OPT yang menyarankan agar menanam varietas yang lebih kuat tahan hama. "Kalau panen kan gak tau, itu mah untung-untungan, minimal kita mempesiapkannya dari sekarang," kata Boeng, sapaan akrab Khorudin.
Dengan kondisi cuaca seperti ini, ia berharap pemerintah segera memantau keadaan pertanian di wilayah Rawamerta. Minimal kemberikan arahan agar para petani bisa termotivasi dan lebih semangat dalam menjalankan masa tanam, syukur-syukur plus bantuannya. "Kalau bisa ditinjau lah, berikan arahan kepada petani, kalau sekaligus bantuan obat atau bibitnya," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template