Lurah Adirsa Barat Bentuk Bank Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lurah Adirsa Barat Bentuk Bank Sampah

Lurah Adirsa Barat Bentuk Bank Sampah

Written By Mang Raka on Senin, 30 Oktober 2017 | 14.27.00

KARAWANG, RAKA - Upaya untuk menciptakan kebersihan lingkungan bentuk konsistensi dalam mewujudkan target Pemerintah Kabupaten Karawang untuk meraih Piala Adipura. Untuk itu Kelurahan Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat semakin mempergencar kegiatan kerja bakti di lingkungannya, terutama membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang ada di wilayahnya.
Lurah Adirsa Barat, Ifan Christianto menyampaikan, kegiatan membersihkan lingkungan yang dilakukan di Jalan R.E Martadinata RW 005 Kelurahan Adiarsa Barat dibantu petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang. Pihaknya sendiri mengerahkan para ketua RT dan ketua RW, Linmas dan Unsur Organisasi Kemasyarakatan seperti Karangtaruna, LPM dan BKM serta Babinsa dan Babinkamtibmas untuk bersama membersihkan sampah liar yang sudah menumpuk.
Hasil dari kerja bakti tersebut satu truk penuh sampah berhasil diangkut untuk dibuang langsung ke TPA di Jalupang. Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membentuk masyarakat sadar kebersihan lingkungan. "Hal paling penting dari kegiatan ini adalah merubah perilaku masyarakat yang masih terbiasa membuang sampah sembarangan dilahan kosong. Kami telah menyediakan TPS di belakang Rusunawa Adiarsa Pusaka, Karenanya kami menghimbau kepada masyarakat Kelurahan Adiarsa Barat agar tidak lagi membuang sampah disini," utasnya kepada Radar Karawang, akhir pekan (28/10) kemarin.
Dikatakan Ifan, Kelurahan Adiarsa Barat sendiri telah membuat mekanisme pembuangan sampah yang terkoordinir di masing-masing RT dan RW melalui Cator (Becak Motor). diharapkan warganya dapat mengikuti sistem dan aturan yang berlaku, yang selanjutnya akan dibersihkan secara bertahap sampai benar-benar bersih. Disamping itu pihaknya selalu berkoordinasi dengan DLHK agar kegiatan tersebut berjalan maksimal. "Semoga warga tidak lagi membuang sampah sembarangan," ujarnya.
Lebih lanjut sebagai upaya serius dalam merubah perilaku buang sampah sembarangan, Ifan melalui Bina Usaha Mandiri telah meluncurkan Bank Sampah Kelurahan Adiarsa Barat. Meluncuran kegiatan Bank Sampah yang telah menyediakan 1 mobil bak terbuka sampah kering berupa plastik dan kertas. Masyarakat kata Ifan akan datang sendiri menyerahkan sampahnya untuk kemudian ditimbang dan dicatat dalam buku tabungan.
Rencananya kegiatan Bank Sampah akan dilakukan setiap Sabtu dan Minggu dan terus berkelanjutan. "Sosialisasi Bank Sampah ini masih belum menyeluruh sampai ke masyarakat. Kami berharap semoga kedepannya dapat diketahui oleh masyarakat Kelurahan Adiarsa Barat secara luas dan mendapat dukungan dari masyarakat agar ikut berpartisipasi menabung sampah di Bank Sampah Kelurahan Adiarsa Barat," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template