Latiah Dasar Kepemimpinan Agenda Rutin SMAN 1 Campaka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Latiah Dasar Kepemimpinan Agenda Rutin SMAN 1 Campaka

Latiah Dasar Kepemimpinan Agenda Rutin SMAN 1 Campaka

Written By ayah satria on Sabtu, 21 Oktober 2017 | 15.30.00

CAMPAKA, RAKA- Menjadi pemimpin membutuhkan kemampuan dan kecakapan yang harus senantiasa dilatih setiap saat. Untuk menumbuhkan sifat kepemimpinan juga dibutuhkan keuletan dalam proses pembinaannya. Oleh karena itu, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Campaka, mengajarkan kepemimpinan lewat Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) untuk siswa kelas 10.
Sekretaris Umum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Campaka, Muhammad Naufal Ridwan mengatakan, bahwa LDKS Sudah menjadi program kerja tahunan dari satu tahun sebelumnya. "Latihan dasar kepemimpinan siswa ini adalah program tahunan yang dirumuskan, khususnya dalam program kerja bidang pendidikan dan politik," kata Naufal, kepada Radar Karawang, Jumat (20/10).
Naufal menguraikan, tujuan acara tersebut salah satunya sebagai upaya regenerasi kepemimpinan, guna menyiapkan sumber daya baru untuk menjadi pemimpin dikemudian hari.
"Tujuannya mendidik siswa baru untuk siap menjadi pemimpin. Karena pemimpin muda sangat dibutuhkan, bukan hanya pendidikan berkarakter yang dikembangkan oleh pak bupati dan bu kepala sekolah, tapi lebih menekankan generasi muda untuk menjadi pemimpin di generasi selanjutnya," ujarnya.
Naufal juga mengatakan, acara LDKS tersebut bertemakan, membangun karakter siswa SMAN 1 Campaka lebih disiplin, kreatif untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang. "Acara tersebut akan digelar selama tiga hari kedepan sampai hari Minggu. Pembahasan dalam latihan kepemimpinan meliputi tata cara sidang, etika kepemimpinan, hukum dan agama, jadi semua aspek tentang kepemimpinan dimasukan kedalam materi pelatihan," paparnya.
Dirinya juga menyebutkan, bahwa OSIS SMAN 1 Campaka masuk 5 besar OSIS terbaik di Jawa Barat. "Harus ada penerus dan alhamdulillah siswa kelas 10 sangat antusias. Namun, kendalanya dengan kondisi sekarang dari siswa sendiri, dimana kalau dilihat dari pengalaman ada miskomunikasi dengan siswa lain yang mengadakan acara bersamaan dengan LDK, namun sekarang sudah dikonfirmasi ke temen-temen yang lain," terangnya.
Sementara itu, Kepala SMAN 1 Campaka Nur Aisah Jamil, menilai bahwa LDKS adalah ajang untuk melatih potensi siswa. "Pertama kita punya landasan berpikir LDKS merupakan salah satu ajang melatih potensi anak, calon pemimpin nantinya datang dari situ," ujarnya.
Nur Aisah juga berharap, siswa siap dalam kepemimpinannya supaya bisa berkomunikasi dengan baik kepada pihak jajaran sekolah, lintas organisasi siswa dan bisa mengakomodir 854 siswa. "Harapannya anak Campaka harus hebat dan harus jadi seorang pemimpin melanjutkan prestasi sebelumnya yang sudah masuk ke wilayah Jabar, dan bisa melewati fase organisasi dengan baik," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template