Klari Mulai Gelar Musrenbang Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Klari Mulai Gelar Musrenbang Desa

Klari Mulai Gelar Musrenbang Desa

Written By ayah satria on Kamis, 05 Oktober 2017 | 19.46.00

KLARI, RAKA - Sudah memasuki akhir tahun anggaran 2017, saat ini setiap desa mulai mengadakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk merumuskan pembangunan ditahun 2018 mendatang. Di Kecamatan Klari, pada Rabu (4/10) kemarin, ada dua Desa di Kecamatan Klari yang mengadakan Musrenbang, dua desa tersebut adalah Desa Anggadita dan Desa Duren.
Pelaksanaan musrenbang dilakukan di aula kantor desa masing-masing. Hasil dari musrenbang tersebut pembangunan infrastruktur dan Penerangan Jalan Umum (PJU) menjadi rencana prioritas untuk direalisasikan ditahun 2018 mendatang.
Desa Anggidta misalnya, rapat musrenbang yang dipimpin oleh Kepala Desa sendiri H.Agustia Mulyana mengatakan, dari ke tujuh dusun yang ada di wilyahnya tersebut, masing-masing memiliki pengajuan pembangunan yang berbeda untuk wilayahnya, diantaranya di Dusun Sukajaya yang meminta pembangunan jalan lingkungan dan penerangan jalan umum. Menurutnya di lokasi tersebut pembangunan jalan dan penerangan memang belum sama sekali memadai. Maka tidak heran ketika masyarakat meminta hal tersebut. "Semuanya hampir sama pembangunan infrastruktur, yang baru cuman penerangan jalan umum aja," tuturnya.
Bukan hanya itu, bahkan dari dusun lainnya meminta saluran air yang berada di setiap rumah warga bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya. Terlebih kata dia, kondisi saat ini masih banyak fasilitas umum yang mesti diperbaiki untuk kemajuan dan kelancaran pembangunan disetiap dusun, termasuk untuk meningkatka kesejahteraan msyarakat. "Untuk dusun yang lain semuanya sama," ucapnya.
Sementara Sekretaris Desa Anggadita, Adang Apandi mengatakan, musrenbang desa tersebut merupakan program desa untuk merencanakan pembangunan ditahun yang akan datang. Maka tidak heran pembahasan berlangsung cukup lama. Karena setiap perwakilan dusun mengusulkan pembangunan yang diinginkan di dusunnya masing-masing. "Alhamdulilah meskipun lama tapi bisa brejalan dengan baik dan lancar, semoga apa yang diinginkan masyarakat bisa terwujud secara bersama," ungkapnya.
Perwakilan dari Desa Duren, Lili Sukarli menyampaikan, tidak jauh berbeda dengan desa lainnya, karena hampir semua permintaan masyarakat dalam musrenbang adalah berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. "Baik jalan lingkungan, perbaikan jalan maupun PJU semuanya untuk pembangunan desa yang lebih baik intinya," pesannya.
Meski demikian, perencanaan yang sudah disusun dalam musrenbang des, harus berebut dengan desa-desa lain saat musrenbang kecamatan dilakukan. Kemudian naik lagi kemusrenbang dapil dan terakhir musrenbang kabupaten. "Jadi memang harus berjuang untuk bisa diakomodir oleh pemerintah atas perencanaan yang telah disusun," pungkasnya.
Sementara tokoh pemuda Kecamatan Klari Ahmad Hadibrata meminta agar musrenbang tersebut benar-benar menjadi acuan untuk penbangunan ditahun depan. Jangan sampai musrenbang hanya dijadikan formalitas saja, tetapi pada realisasinya sangat jauh dari apa yang diharapkan oleh masyarakat. Melainkan lebih diutamakan kepentingan politik, sehingga seharusnya masuk skala prioritas dicencel begitu saja dengan tanpa alasan yang jelas. "Ini yang nggak baik, musrenbang-musrenbang, pembangunan ya pembangunan, gak sinkron dengan keinginan masyarakat," kata lelaki yang juga dosen disalah satu perguruan tinggi di Karawang ini.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template