Kawasan Industri Harus Punya Zona Hijau - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kawasan Industri Harus Punya Zona Hijau

Kawasan Industri Harus Punya Zona Hijau

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Oktober 2017 | 11.45.00

PURWAKARTA,RAKA - Selain menyebabkan ketidak seimbangan lingkungan, dampak dari perusahaan industri dapat menjadikan kawasan industri menjadi terlihat kumuh. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta dorong perusahaan-perusahaan untuk lebih memaksimalkan pembangunan zona hijau di kawasan industri.
"Kita dorong para pelaku dunia industri untuk memperbanyak ruang hijau, terutama di zona yang masih belum terlihat hijau," ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, dalam Rapat Paripurna DPRD Pembicaraan Tingkat I Raperda RTRW Kabupaten Purwakarta tahun 2011-2031, di Gedung Dewan, Senin (23/10).
Menurutnya, ada beberapa perubahan dalam kawasan industri, diantaranya setiap kawasan industri harus memiliki kawasan hijau dan diwajibkan untuk memilikinya. Dedi pun meminta kepada kawasan industri yang sudah dibangun untuk memiliki zona kawasan hijau, diantaranya untuk PT Indorama, PT Lenzing Pacific Viscose dan PT Indobharat. Pasalnya, di tiga industri besar tersebut terlalu dekat dengan pemukiman masyarakat. Bahkan, kedepan ada penghitungan jarak zona aman bagi masyarakat, hal itu untuk mengantisipasi apabila ada musibah seperti kebocoran atau meledaknya bagian industri. "Harus segera dibangun juga zona amannya, berapa jarak aman pemukiman masyarakat dari industri. Bayangkan kalau ada musibah gimana kita lihatnya jangka panjang, setidaknya adanya antisipasi dan harus mulai dirumuskan sekarang juga," tuturnya.
Selain membangun kawasan hijau serta mengatur jarak antara industri dan pemukiman masyarakat, hal tersebut bagian dari upaya menghilangkan kesan kumuh di pemukiman yang dekat dengan industri. "Sering kali terlihatnya kumuh tapi bukan kumuh secara faktor ekonomi, tapi dampaknya saja kan suka ada limbah pabrik yang dimanfaatkan lagi belum lagi parkir kendaraan yang terkadang tidak pada tempatnya," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template