Karawang Siapkan Satgas Anti Rokok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Siapkan Satgas Anti Rokok

Karawang Siapkan Satgas Anti Rokok

Written By Mang Raka on Senin, 30 Oktober 2017 | 14.25.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kesehatan (Dinkes) diperintahkan untuk mengadakan satuan tugas (Satgas) anti rokok disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menghilangkan perokok di lingkungan kantor pemerintahan, terutama bagian pelayanan publik.
Perintah itu langsung ditegaskan Sekda H.Teddy Rusfendi Sutisna, akhir pekan (28/10) kemarin di lapangan Karangpawitan. Perintah kepada Dinkes untuk membentuk satgas anti rokok merupakan implementasi terhadap perintah kepada Pemerintah Karawang untuk memaksimalkan Undang-Undang Kesehatan No 36 Tahun 2009 PP No 109 Tahun 2012 dan Perda Kabupaten Karawang no 5 tahun 2016. "Untuk dapat memaksimal Perda Larangan Merokok Dinas Kesehatan yang memiliki sektornya harus membentuk satgas anti rokok. Kalau bisa tahun ini sudah harus terealisasi," ujarnya kepada Radar Karawang.
Teddy juga mengatakan, pihaknya tidak akan melarang satu orangpun yang akan merokok, dimamapun diperbolehkan, asalkan penempatannya bisa disesuaikan. Mereka tidak harus merokok di ruangan terutama pelayanan umum pemerintahan. "Kalau mau merokok kita tidak larang. Silahkan merokok tapi diluar kawasan. Saya akan tegas kepada kepala dinas untuk merealisasikan kawasan bebas rokok," tandas Teddy.
Masih dikatakan Teddy, dari yang telah dilakukan, memang sudah disediakan tempat khusus merokok. Namun yang terjadi justru membahayakan perokok itu sendiri. Ruangan jadi pengap asap rokok dan itu amat berbahaya bagi kesehatan. Karenanya Teddy mengingatkan jika disetiap pelayanan kesehatan dan pelayanan umum agar melaksanakan larangan merokok secara tegas. "Tidak usah disedikan tempat khusus merokok. Merokok bebas yang penting tidak di ruangan instansi, termasuk komplek masjid itu tidak boleh, PNS kita akan bentuk satgasnya disetiap kantor seperti satpam yang bertindak nanti rokoknya harus disita," ujarnya.
Teddy sendiri mengakuinya dirinya merupakan perokok berat. Tapi jika aturannya memang melarang untuk merokok di lingkungan kantor dia harus mematuhi. "Saya perokok berat tapi kalau mau merokok jangan dilakukan di perkantoran. Saya minta secepatnya dibuatkan sama dinas kesehatan kalau bisa sebelum ahir tahun untuk satgas," pesannya.
Semantara itu di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dr. Yuska Yasin menyampaikan, pihaknya mendukung konsep yang diinginkan Sekretaris Daerah. Namun hal itu butuh waktu dan memerlukan perencanaan matang. "Dinas Kesehatan mendukung konsep dan program Sekda karena memang menjadi program Dinkes. Hanya masalah teknisnya. Pembentukan satgas anti rokok kan mesti membentuk juga struktur organisasi dan honornyapun ada dan semua itu harus terencana. Kendati demikian kami tetap akan mengikuti. Insya Allah karena untuk tidak merokok di ruangan itu keinginan semuanya," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template