Karawang Endemik Kaki Gajah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Endemik Kaki Gajah

Karawang Endemik Kaki Gajah

Written By ayah satria on Rabu, 18 Oktober 2017 | 15.14.00

CIKAMPEK, RAKA - Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten endemik filariasis atau kaki gajah. Tahun 2017 ini, merupakan tahun kelima untuk melakukan penyaluran obat kaki gajah terhadap seluruh warga karawang untuk menekan angka penderita kaki gajah.
Proses penyaluran obat filariasis, diawali dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh setiap Puskesmas yang ada di Karawang kepada masyarakat. Hal itu dilakukan agar masyarakat mengerti akan pentingnya hidup sehat, termasuk bebas dari penyakit kaki gajah.
UPTD Puskesmas Kecamatan Cikampek sendiri melakukan sosialisasi filariasi dalam rapat minggon kecamatan yang diikuti oleh perwakilan setiap desa yang ada di Cikampek di aula kantor Camat Cikampek pada Selasa (17/10) kemarin. "Kabupaten Karawang masuk dalam wilayah endemis, lebih dari satu persen wargana (Karawang) teserang penyakit filariasis, makanya ada program ini," tutur tim penyuluh Puskesmas Cikampek, Ade Ruhyani.
Ade menambahkan, sosialisasi itu merupakan program wajib yang harus dilakukan oleh UPTD Puskesmas Cikampek, karena program tersebut adalah program pemerintah pusat (nasional), dengan tujuan untuk memberantas dan mencegah jenis penyakat kaki gajah, sehingga Karawang, khususnya Cikampek bisa terbebas dari penyakit kaki gajah. "Program ini adalah program wajib, ini sudah ke lima kali melakukan pengobatan filariasis," katanya.
Dia menyampaikan, hampir semua kabupaten melaksankan program tersebut. Termasuk Kabupaten Karawang yang memang masuk kabupaten endemis kaki gajah. Filariasis termasuk jenis penyakit yang berbahaya, karena dampaknya akan mempengaruhi faktor sosial dan faktor ekonomi. "Dampaknya sangat berbahaya, bagi orang yang terkena penyakit ini, karena dia akan malu dalam menjalankan kehidupan kesehariannya dengan kondisinya berbeda dengan orang lain, kakinya besar, tangannya besar, bahkan alat biji kelaminnya juga besar," ujarnya.
Menurut Ade,langkah antisipasi dalam mencegah jenis penyakit tersebut adalah dengan program minum obat filariasis selain itu harus melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). "Program ini bertujuaan untuk mengurangi angka endemis yang terjadi di Kabupaten Karawang," katanya.
Ia menginginkan semua pejabat pemerintahan baik kecamatan maupun desa untuk ikut terlibat menyukseskan program ini, karena tanpa adanya dukungan dari semua pihak, sebagus apapun programnya tidak akan bisa terealisasi dengan baik. "Semua pihak harus terlibat, baik dari unsur pemerintahan maupun unsur kecamatan," ujarnya.
Kepala SDN 2 Kalihurip Susino mengatakan, dengan adanya program itu, bisa membantu anak didiknya untuk terhindar dari penyakit kaki gajah, dengan demikian anak-anak juga akan terhindar dari penyakit yang bisa merusak mental seseorang tersebut. "Program ini sangat bagus, bisa membantu anak didik saya untuk terhindar dari penyakit kaki gajah," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template