Karawang Barat Bangun Area bebas Rokok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Barat Bangun Area bebas Rokok

Karawang Barat Bangun Area bebas Rokok

Written By ayah satria on Kamis, 26 Oktober 2017 | 13.30.00

Mau Libatkan Perusahaan 

KARAWANG, RAKA - Dalam waktu dekat ini di kantor Kecamatan Karawang Barat akan diberlakukan area bebas rokok. Saat ini Kasi Trantib di kecamatan itu sedang menyusun berkas pengajuan untuk didiskusikan kepada camat. Nantinya berkas itu akan menjadi dasar pengajuan ke pihak ke tiga untuk meminta bantuan dana CSR (Corporate Social Responsibility) untuk membantu pengadaan peralatan terkait rencana tersebut.
Kasi Trantib Adi Firmansyah kepada Radar Karawang, Rabu (25/10) menyampaikan itu di ruangan administrasi Kecamatan Karawang Barat. Menurutnya area bebas rokok itu perlu diadakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat supaya tidak merokok di lingkungan kantor kecamatan. Selain meningkatkan disiplin aparat kecamatan untuk tidak merokok disembarang tempat. "Kami pengen ada ruangan khusus perokok dan nanti akan kami bicarakan dengan Ibu Camat," ujarnya.
 Disampaikan Adi, selain area bebas rokok rencananya juga nanti akan dibuat ruang khusus bagi yang ingin merokok. Hanya dimana lokasinya itupun nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Sementara ini Adi baru melihat ruang Kasi Kesos sebagai lokasi paling tepat bagi pengunjung kantor kecamatan dan aparatur kecamatan yang merokok. "Ruang Kasi Kesok nanti akan diusulkan sebagai tempat merokok sambil menunggu pelayanan dan tempat istirahat pegawai," ucapnya.
Adi sendiri tidak menyangkal bergulirnya rencana pengadaan area bebas rokok terpicu karena ketidaknyamanan menyaksikan pengunjung kantor kecamatan yang merokok sembarang. Karenanya, dikatakan Adi, pihaknyapun akan terus mendorong masyarakat untuk tidak merokok disembarang tempat lagi. Dan itu bisa dilakukan dengan pengadaan area bebas rokok dan ruang khusus merokok. Pengadaan area bebas rokok itu sendiri sesuai Perbup No 25 tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bisa terlaksana di Karawang.
Dijelaskan Adi, pengadaan ruangan perokok itu nantinya ada sarana dan prasarana pendukung, seperti Blower dan Hexos Fan. Alat itu berfungsi sebagai penetralisir asap dalam ruangan. "Rencanannya kita akan tempatkan di ruangan Kasi Kesos, saat ini belum ada biayanya kecuali ada bantuan CSR dari perusahaan," ujar Adi menyebutkan  ruangan tempat merokok.
Sementara Kasubag Keuangan dan Kepegawaian Kecamatan Karawang Barat, Eliana SE mengatakan jika pihak kecamatan sudah sering mengingatkan masyarakat supaya tidak merokok dilingkungan kantor kecamatan. Tetapi masyarakat membandel dan tetap melakukan aktivitas merokoknya. Sehingga perlu untuk diadakannya ruangan khusus perokok.
"Dulu sudah ada rencana pengadaan ruang tempat merokok. Namun anggaran kita terbatas sementara sarana dan prasarananya harus disediakan," utasnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template