Jalan Wanayasa-Bojong Sempat Terputus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Wanayasa-Bojong Sempat Terputus

Jalan Wanayasa-Bojong Sempat Terputus

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Oktober 2017 | 11.12.00

PURWAKARTA,RAKA- Hujan deras yang mengguyur Purwakarta dan sekitarnya, mengakibatkan bencana longsor setinggi empat meter menutupi badan jalan penghubung dua kecamatan, Wanayasa dan Bojong, Selasa (24/10) dini hari. Longsor terjadi sekitar pukul 00.10 WIB tepatnya di Kampung Cisararap, Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Peristiwa inipun mengakibatkan akses jalan baik dari Kecamatan Wanayasa maupun sebaliknya sempat terputus.
Material tanah longsor sepanjang lima meter dan ketinggian empat meter menutupi badan jalan utama penghubung Kecamatan Wanayasa ke Kecamatan Bojong. Longsor berasal dari tebing sebelah kiri jalan yang dibangun tembok penahan tanah. Lokasinya sendiri berada tak jauh dari kaki gunung Burangrang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sebab, saat terjadi longsor kondisi arus lalu lintas jalan di lokasi itu sepi. Namun, warga dan pengguna jalan yang melintas harus terhenti akibat jalan tidak dapat dilalui sejak Selasa dini hari hingga pagi sekitar pukul 08.14 WIB.
Bahkan, sebelumnya beberapa pengguna jalan harus turun langsung membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan, pasalnya warga Desa Nagrog yang akan menuju Wanayasa mengaku tidak dapat bepergian di pagi hari. "Terjadi longsornya malam hari di Kampung Cisararap saat diguyur hujan," kata Ujang Abidin (50), warga Desa Nagrog.
Dihubungi terpisah, Kepala Kepolisian Sektor Wanayasa sudah memastikan akses lalu lintas kendaraan sudah bisa dilalui para pengguna jalan. Kapolsek Wanayasa, AKP Sutikno mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan kendaraan berat dari Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta tengah membersihkan jalur utama Wanayasa-Bojong sejak, Selasa pagi. "Kejadiannya tengah malam, namun tidak ada korban jiwa. Saat ini jalur sudah mulai dibuka kembali ," ujarnya.
Dari informasi yang berhasil dihimpun Radar Karawang, longsor yang terjadi Selasa dini hari disebabkan tanah lereng yang tidak memiliki pepohonan besar. Sebagian besar tanah tertutupi bangunan tembok dengan kemiringan 45 derajat. Ditambah tanah di lokasi kejadian labil dan masuk kategori zona merah. Saat hujan mengguyur rentan gerakan tanah. Penyebab lainnya, Kecamatan Wanayasa sendiri masuk sebagai salah satu wilayah yang rawan gerakan tanah baik saat hujan maupun saat kemarau.
Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Purwakarta 2016, beberapa kecamatan di Purwakarta rentan terjadi gerakan tanah saat musim penghujan tiba. Bahkan, ada tiga zona gerakan tanah di wilayah tersebut. Yakni, Zona Biru yaitu kerentanan gerakan tanah rendah, Zona Kuning yaitu kerentanan gerakan tanah sedang, dan Zona Merah yaitu kerentanan gerakan tanah tinggi. Dari semua wilayah itu, yang paling diantisipasi yakni, kecamatan yang masuk kedalam zona merah dan kuning.
Untuk wilayah yang masuk zona merah Kecamatan Sukatani meliputi, Desa Cianting, Sukajaya, Cijantung dan Panyindangan. Kecamatan Wanayasa meliputi, Desa Wanayasa, Desa Sukadami, Ciawi dan Taringgul Tonggoh. Kecamatan Pasawahan yang meliputi Desa Ciherang, Cidahu, dan Kertajaya. Kecamatan Purwakarta meliputi Kelurahan Sindangkasih, dan Kelurahan Nagri Kidul. Kecamatan Pondok Salam meliputi Desa Salam Mulya. Kecamatan Jatiluhur meliputi Desa Parakan Lima dan Cisalada. Kecamatan Darangdan hanya satu desa, yakni Desa Sawit. Untuk wilayah yang masuk zona kuning, hampir merata di semua kecamatan. (gan)


Zona Merah
Kecamatan Sukatani
- Cianting
- Sukajaya
- Cijantung
- Panyindangan

Kecamatan Wanayasa
- Wanayasa
- Sukadami
- Ciawi
- Taringgul Tonggoh

Kecamatan Pasawahan
- Ciherang
- Cidahu
- Kertajaya

Kecamatan Purwakarta
- Kelurahan Sindangkasih
- Kelurahan Nagri Kidul

Kecamatan Pondok Salam
- Salam Mulya
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template