Ingatkan Wajib Pajak, Dispenda Harus Libatkan Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ingatkan Wajib Pajak, Dispenda Harus Libatkan Desa

Ingatkan Wajib Pajak, Dispenda Harus Libatkan Desa

Written By ayah satria on Rabu, 18 Oktober 2017 | 14.50.00

KARAWANG, RAKA - Untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor kendaraan bermotor, Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Propinsi Kabupaten Karawang disarankan agar melibatkan pemerintah desa dan kelurahan untuk mensosialisasikan pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat. Hal itu bisa dilakukan melalui rapat minggon ataupun surat edaran yang disampaikan ketua Rukun Tetangga (RT) masing-masing.
"Menurut saya melibatkan pihak desa dan kelurahan untuk mensosialisasikan pembayaran pajak kendaraan bermotor merupakan terobosan besar. Karena dengan begitu masyarakat wajib pajak dapat diingatkan tentang kewajibannya membayak pajak. Maklum, terkadang karena kesibukan jadi lupa pada kewajibannya," ucap Taslim (37), warga Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya, Selasa (17/10).
Taslim dari Lising di daerah Karawang Kota sehabis mengambil BPKB dalam perjalanan pulang ke Ciranggon, namun di depan GOR Panatayuda dia terjaring Operasi Gabungan TNI/Polri, Dishub dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Taslim ditilang karena belum membayar pajak motor Honda Tiger miliknya. "Penilangan atau pemberhentian kendaraan dijalanan itu kurang efektif. Selain menimbulkan kemacetan juga rawan kecelakaan," ucap Taslim.
Karenanya, selain sosialisasi ke pemerintah desa atau kelurahan Pelayanan Pendapatan Daerah Propinsi Kabupaten Karawang juga perlu membarengi dengan surat-surat pemberitahuan wajib pajak. "Saya optimis, jika pemerintah daerah melakukan itu serapan pajak dari sektor kendaraan bermotor di kabupaten ini bisa dilakukan secara optimal," tandasnya.
Sementara itu, Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Badan Pendapatan Daerah Karawang Hj. Ida Hamidah menyampaikan, pihaknya tidak menampik dengan usulan warga yang menurutnya merupakan hal yang baru dan belum pernah terpikirkan. Namun jika untuk dilakukannya sosialisasi terhadap masyarakat pihaknya mengatakan hal itu kerap dilakukannya disetiap kali ada kegitan (Paten) disetiap hari Jumat di kecamatan-Kecamatan.
"Saya sangat setuju untuk dilakukan penyisiran wajib pajak dengan melibat pemerintah desa dan kelurahan melaluri Rukun Tetangga. Itu sekaligus penegasan sekaligus mengingatkan wajib pajak yang lalai terhadap kewajibannya karena mungkin akibat kesibukannya," terang Ida. Kendati demikian Ida mengatakan, hal yang hampir serupa pernah dilakukan pada 2016 lalu namun terbentur ketersediaan anggaran. Meski begitu Ida berjanji pihaknya akan kembali mencanangkan terobosan tersebut.
Sementara itu kegiatan saat ini dilakukan dalam operasi gabungan di kabupaten Karawang dilaksanakan berdasarkan triwulan dan sekarang triwulan ke 4, kata Ida. Hal itu dikarenakan (Dispenda provinsi Jawa Barat) saat inipun melakukan kegiatan tersebut secara serentak, untuk menjaring kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang  atau bayar pajak. "Dari potensi 877.000 kendaraan di kabupaten Karawang, yang menunggaknya itu saat ini mencapai 350.000 mencapai 40% kendaraan baik roda 2 maupun 4 yang belum bayar pajak, baik pelat hitam maupun merah," ujarnya.
Ida mengatakan tidak ada target dalam operasi tersebut selain untuk meningkatkan pendapatan daerah. Namun pihaknya memastikan jika saat ini rajia akan terus dilakukan hingga 5 November mendatang. "Kita terus inten, tujuan untuk mendapatkan kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) sebesar-besarnya," ujarnya.
Secara terpisah Kasi Penerimaan dan Penagihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Samsat H Ayi Jaelani menyampaikan supaya masyarakat lebih sadar lagi untuk membayar pajak kendaraannya, baik motor maupun mobil. "Di Jawa Barat ini primadonanya dana pebangunan itu ada di sektor pajak khususnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Jika masyarakat ingin pembangunan itu berhasil tolong sadar dan disiplin dalam membayar pajak," pesannya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template