Hajat Bumi Bakal Jadi Agenda Tahunan Desa Sindangmukti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hajat Bumi Bakal Jadi Agenda Tahunan Desa Sindangmukti

Hajat Bumi Bakal Jadi Agenda Tahunan Desa Sindangmukti

Written By ayah satria on Jumat, 20 Oktober 2017 | 19.03.00

KUTAWALUYA, RAKA- Pemerintah Desa Sindangmukti beserta masyarakat menggelar hajat bumi. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap yang maha kuasa akan hasil panen musim sebelumnya, sekaligus menyambut musim yang akan datang.
Hajat bumi yang turut dimeriahkan oleh pagelaran wayang kulit dalam rangka ruwatan bumi ini, disambut baik oleh masyarakat dan menjadi harapan agar hasil tanam di musim tanam berikutnua bisa lebih melimpah. "Bentuk harapan kepada Allah SWT, agar hasil tanam yang diterima musim tanam saat ini lebih melimpah daripada musim sebelumnya," kata Kepala Desa Sindangmukti, Asdi Suntara, kepada Radar Karawang, Kamis (17/10) di halaman kantor Desa Sindangmukti.
Dilaksanakannya hajat bumi tersebut, lanjut kades, yakni untuk mempertahankan adat kebudayaan sekaligus bentuk rasa syukurnya kepada alam, yang telah menyediakan berbagai sumber kehidupan bagi manusia. Masyarakat juga disuguhkan dengan pertunjukan kesenian tradisional wayang kulit sebagai acara adat ruwatan. Terlihat antusias masyarakat yang memadati acara ruatan hajat bumi saat air yang sudah didoakan juru kunci tersebut menjadi bahan rebutan masyarakat, mereka mempercayai air tersebut sebagai penolak bala. Antusias masyarakat ini karena kegiatan hajat bumi sekaligus ruwatan ini baru pertama kali dilaksanakan di lingkungan Desa Sindangmukti.
Masih kata kades, selain adanya kesenian pagelaran wayang kulit, untuk melengkapi jati diri kebangsaaan yang tetap memegang teguh keagamaan. Acara hajat bumi juga dipadukan dengan sesi sedekah keagamaan dengan melaksanakan ratiban dan syukuran kantor desa yang baru selesai. "Selain budaya, kita juga kan sebagai mahluk yang beragama, jadi tidak ada sisi yabg ditinggalkan," ujarnya.
Dengan melibatkan aparatur desa dan masyarakat, acara hajat bumi rencananya akan menjadi agenda rutin tahunan. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template