Fitriya Juara Lomba Esai Pelajar NU - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Fitriya Juara Lomba Esai Pelajar NU

Fitriya Juara Lomba Esai Pelajar NU

Written By ayah satria on Kamis, 19 Oktober 2017 | 20.11.00

KARAWANG, RAKA- Siapa sangka, dari hanya coba-coba membuatkan prestasi yang gemilang bagi Fitriya Dina Lova. Siswi SMKN 1 Karawang ini berhasil menjadi juara 1 dalam lomba penulisan esai tingkat pelajar yang diadakan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Karawang.
Dalam lomba esai mengenai full day school (FDS) ini, Fitriya membuat tulisan dengan judul Karena FDS Adalah Kebijakan Pemerintah. Tak disangkanya, judul tersebut mampu mengantarkannya ke puncak prestasi mengalahkan pelajar lainnya di Kabupaten Karawang. "Saya mengulas tentang FDS, bahwa FDS itu memang kebijakan pemerintah untuk kebaikan pemuda. Di dalamnya, saya tulis tentang sisi baik dan kurangnya FDS. Maslahatnya dijelasin, madharatnya juga sama saya ulas," katanya, saat ditemui Radar Karawang, usai menerima piala dan uang pembinaan dari panitia di gedung PGRI Karawang, Rabu (18/10) kemarin.
Secara pribadi, lanjutnya, dia tidak setuju dengan penerapan FDS. Jika dibandingkan dengan sisi positif, FDS dinilai lebih banyak negatifnya. Salah satu contohnya, tidak semua siswa mampu bertahan dengan prima ketika belajar dari pagi sampai sore. "Kemampuan siswa kan beda-beda, ada yang bisa dan tidak bisa tetap bertahan dengan prima ketika belajar sampai sore. Saya tidak setuju FDS diterapkan karena lebih banyak madharatnya," tutur gadis yang kini masih duduk dikelas 11 jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB)
Dalam menghadapi lomba penulisan esai ini, lanjutnya, Fitriya tidak mempersiapkannya secara serius. Meski demikian, dia sangat bersyukur ketika dinobatkan menjadi juara 1. "Awalnya iseng-iseng aja ngirim tulisan dan sekarang menang. Sebelum di IPNU, saya juga pernah ikut lomba karya tulis yang sama, namun saat itu tidak menjadi juara 1," paparnya.
Sementara itu, panitia seleksi lomba esai, Deden Ismatullah mengatakan, antusiasme pelajar dalam mengikut lomba ini cukup bagus. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pelajar yang mengikuti lomba ini. Dan yang lebih membanggakan, tulis peserta sangat dalam dan pandangan tulisan tersebut sudah seperti tulisan anak-anak mahasiswa. "Kami apresiasi antusiasme pelajar mengikuti lomba tulisan ini. Bahkan, kalau dilihat dari isi tulisannya, sudah setara dengan tulisan mahasiswa semester satu," paparnya.
Para pemenang, lanjut Deden, mendapatkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Pemenang yang dipilih hanya juara 1, 2 dan 3 serta harapan. "Kami berikan piala dan uang pembinaan. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi pelajar di Karawang untuk bisa menulis," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template