Banyak Pelajar Bolos, Satgas Diaktifkan Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Pelajar Bolos, Satgas Diaktifkan Lagi

Banyak Pelajar Bolos, Satgas Diaktifkan Lagi

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Oktober 2017 | 15.00.00

KOTABARU, RAKA - Untuk menekan angka bolos sekolah, Muspika Kecamatan Kotabaru membentuk satgas pelajar. Pasalnya sudah beberapa bulan belakangan ini, sering didapati pelajar yang menggunakan seragam berkeliaran pada jam pelajaran.
Satgas pelajar sendiri didalamnya terdapat anggota TNI, Polisi, Pol PP termasuk Guru. Dengan demikian, saat adanya elajar yang melakukan pelanggaran penindakannya akan lebih mudah karena berbagai komponen ikut terlibat di dalam satgas pelajar.
Menangapi kinerja satgas pelajar, Anggota Koranmil Kotabaru, E Sumarna mengatakan, pembentukan satgas pelajar yang melibatkan seluruh elemen di wilayah ini, bertujuan untuk tidak ada lagi pelajar yang terlihat nongkrong ataupun berada diluar pada jam sekolah. Karena, hal tersebut dapat berpotensi keributan antar pelajar, bahkan termasuk kenakalan yang dilakukan oleh para pelajar. "Sekarang dalam meminimalisir kenakalan pelajar di wilayah Kecamatan Kotabaru, kami sudah ada satgas pelajar yang akan bergerak. Ketika terdapat pelajar yang diketahui berada di luar lingkungan sekolah, atau nongkrong (dijam pelajaran). Kami akan langsung menggiring mereka ke kantor untuk dilakukan pembinaan," ujarnya.
Sumarna melanjutkan, untuk TNI sendiri lebih berperan sebagai pendukung demi berjalannya tugas satgas pelajar tersebut. Karena untuk garda terdepan tetap saja pihak Sat Pol PP sebagai penegak perda. "Kalau untuk koranmil, sebagai pendukung. Adapun teknisnya nanti pihak Satpol PP kecamatan dalam melakukan sidaknya. Kami masuk dalam pembinaan siswanya," ucapnya.
Satgas pelajar tersebut, kata dia, tidak hanya untuk meningkatkan kedisiplinan pelajar saja. Akan tetapi, diharapkan mampu menjadi solusi yang efektif mengatasi kenakalan pelajar saat ini. "sanksi bagi siswa yang terjaring kami akan berikan teguran, pembinaan dan juga pemanggilan pihak sekolah dengan adanya surat peringatan nanti, agar tidak diulanginya lagi," ujarnya.
H Badru Tamam, Sekcam Kotabaru juga megakui tidak sedikit pelajar yang terlihat nongkrong di sejumlah lokasi tertentu. Hal tersebut menjadikan suasana tidak etis bermunculan. Bahkan menunjukan potert keburukan dunia pendidikan di Kecamatan Kotabaru. "Selama Jam pelajaran jika ada pelajar yang ketahuan bolos kami akan langsung menjaringnya, penjaringan akan dilakukan oleh satgas pelajar," ucapnya.
Bahkan, kata dia, tidak sedikit saat diketahui pelajar membolos, berbagai kebiasaan buruk telah dipertontonkan. Seperti tindakan merokok bahkan termasuk minum minuman keras. Dia sendiri mengaku khawatir atas perlakuan buruk yang dipertontonkan oleh pelajar, pasalnya hal itu bisa menjadi penyebab terjadinya tawuran antar pelajar. "Jadi biar tidak ada hal yang tidak diinginkan, kami sengaja bentuk satgas ini. Kalau ada pelajar ketahuan bolos, kita akan langsung menggiringnya ke polsek," pungkasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template