Antisipasi Banjir Warga Bobojong Buat Drainase - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Antisipasi Banjir Warga Bobojong Buat Drainase

Antisipasi Banjir Warga Bobojong Buat Drainase

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Oktober 2017 | 12.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Warga Kampung Bobojong RT 09 RW 04, Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, secara swadaya gotong royong membuat saluran drainase disamping jalan utama kampung tersebut tembus hingga jalan desa. Diharapkan setelah ada saluran itu air hujan bisa dialirkan melalui daerah-daerah aliran sungai (DAS) dan dialirkan ke sungai. 
"Pembuatan drainase ini berkat inisiatif warga yang secara swadaya melakukan perbaikan damparit dan memperbaiki saluran air menuju sawah yang dikhawatirkan jika hujan dan air debit sungai naik air bisa dialirkan dan tidak membanjiri sawah," ucap RT Aman kepada Radar Karawang, Senin (2/10).
Menurutnya, kerja bakti itu sekaligus ajang silahturahmi antar tetangga yang memang sudah menjadi kebiasaan bersama. Kerja bakti adalah salah satu wujud kehidupan bertetangga. Ini dilakukan oleh lingkungan tetangga tertentu, misalnya RT atau RW. Banyak kemuliaan diperoleh dari kehidupan bertetangga, termasuk melalui kerja bakti ini.
Senada itu, Kepala Desa Parungsari Upay Supardi menyampaikan kerja bakti juga membuat badan berkeringat. Ada kombinasi gerakan fisik, berjalan, mengangkat, mengayun, naik, turun atau menahan. Memang melelahkan, tetapi menurutnya dengan melaksanakan aktivitas kerja bakti sangat memuaskan untuk membakar kalori seperti olahraga. "Pekerjaan itu selama dua hingga tiga jam bisa membakar kalori hingga 500 kalori, maka semakin aktif ikut kerja bakti malah membuat badan kita semakin sehat saja," katanya.
Sementara, Khamdi (38) tokoh masyarakat Desa Parungsari, menyampaikan kerja bakti merupakan bentuk kehidupan bertetangga. Kepedulian seseorang dalam kerja bakti akan membawa dampak positif bagi kehidupan sosial. Ada kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial. Juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan, selain manfaat yang diperoleh secara individual. "Manfaat sosial lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan sosial bertetangga. Silaturahmi dalam kerja bakti dapat memonitor seseorang. Misalnya sedang keluar kota, berhalangan atau sakit. Dengan demikian warga dapat mengkondisikan, memberi bantuan atau pertolongan dan juga bisa saling mengingatkan antar sesama," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template