Anggota Satpol PP Jadi Kades Cilewo - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anggota Satpol PP Jadi Kades Cilewo

Anggota Satpol PP Jadi Kades Cilewo

Written By ayah satria on Jumat, 20 Oktober 2017 | 19.30.00

TELAGASARI, RAKA - Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana resmi memberhentikan Kades Cilewo Kecamatan Telagasari Komarudin ST. Pemberhentian yang satu lampiran dengan pengangkatan Penjabat Sementara (Pjs) tersebut berdasarkan SK yang diterbitkan kan pada Senin (15/10) dengan Nomor 141.1 /Kep .962-Huk/2017, Kamis (19/10) pagi.
Bupati melalui Camat Telagasari Hj Yetty Yuliati S.Ip langsung melantik Kartawi, anggota Satpol PP disana sebagai penjabat sementara (Pjs) kades dihadapan BPD, LPM dan tokoh masyarakat setempat.
Pejabat Sementara (Pjs) Kades Kartawi mengatakan, dirinya merasa terharu dan bersyukur dipercaya kali kedua menjabat PJs di Desa Cilewo. Walaupun sementara karena dirinya harus langsung menyiapkan pagelaran Musyawarah Desa (Musdes) pemilihan Kades, namun dirinya tidak akan menyia-nyiakan jabatan yang sudah diprcayakan untuk melanjutkan stabilitas dan roda pemerintahan paska ditinggal Kades lamanya.
Mantan Sekdes PNS Desa Talagasari ini memohon dukungan dari BPD, LPM dan pihak Kecamatan selama memimpin desa kedepan, karena sebagai abdi negara siap melaksanaan kepercayaan dan amanah yang dialamatkan padanya. "Ini kali kedua saya jabat Pjs Kades, semoga kepercayan ini bisa saya pertanggungjawabkan untuk melanjutkan stabilitas desa," ungkapnya.
Camat Telagasari, Hj Yetty Yuliati S.Ip mengatakan, pemberhentian  Kades dan pengangkatan Pjs Kades  dan pelantikannya saat ini menjadi jawaban keresahan dan pertanyaan masyarakat Cilewo yang menantikannya. Ia ingatkan, bahwa Pjs Kades hanya pengantar untuk Pilkades musyawarah nanti. Karena,  selama dua bulan kedepan sebutnya, PJs ini sekurang-kurangnya harus sudah melaksanakan pemilihan Kades dengan musyawarah. Tahap pertama sebut Camat, paska dilantik, segera melaksanakan Musdus, dan selebihnya menunggu arahan dari DPMPD. "Saya titipkan anak buah saya di Cilewo, semoga selama bertugas bisa menjalankan tanggungjawabnya sampai terpilihnya Kades baru," ujarnya.
Kasie Pemerintahan Desa DPMPD Karawang, Andry mengatakan, berdasarkan UU Desa, jika kades berhenti jabatannya, baik meninggal dunia, berhlangan tetap atau ketetapan inkrach status Hukum, maka secara otomatis mengangkat Penjabat Sementara (Pjs) dari kalangan PNS. Dan apabila masa jabatan kades itu berhenti atau diberhentikan lebih dari satu tahun masa jabatannya, maka harus digelar pemilihan Kades baru dengan istilah Pergantian Antar Waktu (PAW) sampai akhir masa jabatan Kades sebelumnya.
Adapun tata cara mekanismenya adalah dengan pemilihan secara Musyawarah. Oleh karenanya, Pjs Kades di Cilewo ini akan menalankan hak, kewajiban dan wewenangnya sampai dengan terpilihnya kades baru nanti, selambat-lambatnya 6 bulan kedepan. Karenanya, setelaj dilantik, pesan Andry, BPD dimintanya untuk langsung menggelar rapat Musyawarah bersama Pjs baru kaitan persiapan Musyawarah Desa tersebut, untuk kemudian sambung Andry, tahapan- tahapan pemilihannya nanti diatur melalui Perbup tersendiri.
Terakhir sambung Andry melanjutkan, ia di amanahi Kepala DPMPD agar masyarakat dan pemerintahan desa di Cilewo ini bisa jaga kondusifitas dan pelayanannya secara optimal seperti biasa. "Pemberhentian Kades dan Pengangkatan Pjs ini sudah amanah UU, tinggal semuanya berembuk untuk suksesi Musyawarah Desa yang didalamnya memilih kembali Kades definitif," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template