Anggaran Pertanian Dipangkas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anggaran Pertanian Dipangkas

Anggaran Pertanian Dipangkas

Written By ayah satria on Jumat, 27 Oktober 2017 | 11.30.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Berpredikat sebagai salah satu lumbung padi nasional, ternyata tidak membuat anggaran pertanian di Karawang melambung. Sebaliknya, Pemerintah Kabupaten Karawang justru memangkas anggaran pertanian pada tahun 2018.
Belanja langsung Dinas Pertanian tahun 2017 Rp 41.538.850.000, sementara pada tahun 2018 hampir turun setengahnya yaitu Rp 23.678.825.050. "Saya tidak memahami arah dan tujuan pemerintah. Mungkin bupati bisa menjelaskan penurunan anggaran tersebut. Ingat APBD Rp 3,9 triliun sangat besar," ujar Wakil Ketua DPD Golkar Karawang Muslim Hafidz, Kamis (26/10).
Kondisi berbeda dengan anggaran Sekretariat Daerah Karawang. Dalam Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang tentang Anggaran tahun 2018 yang diajukan ke DPRD, anggaran Setda naik Rp 16,07 miliar. Padahal, Distanhutbunak merupakan dinas teknis yang potensial untuk dikembangkan. "Kenaikan anggaran Setda kalau dikonversi sama dengan anggaran dua dinas. Yaitu Dinas Koperasi dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB," tuturnya.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang Hanafi Chaniago membenarkan anggaran dinasnya berkurang. Namun, menurutnya itu merupakan anggaran yang bersumber dari APBD II saja, belum termasuk yang bersumber dari APBN seperti DAK. Sebab untuk DAK 2017 saja, dinasnya  mendapatkan anggaran sebesar Rp 16 miliar. "Memang ada sedikit penurunan. Sedangkan kita mengusulkan program baru, yaitu Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) dan bantuan pupuk organik. Karena lahan kita tingkat kesuburannya sudah turun, termasuk keasamannya sudah tinggi," pungkasnya.
Hanafi menambahkan, usulan baru ini juga merupakan implementasi dua peraturan daerah (perda) yang baru disahkan oleh dewan, yaitu Perda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani dan Perda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. "Kita ada usulan baru. Ini kita sesuaikan dengan dua perda yang ada nanti," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template