Anak-anak Cilamaya Ternyata Suka Dongeng - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak-anak Cilamaya Ternyata Suka Dongeng

Anak-anak Cilamaya Ternyata Suka Dongeng

Written By ayah satria on Rabu, 18 Oktober 2017 | 15.08.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Lahan kosong milik Pertamina Gas Cilamaya dipadati warga Cilamaya Wetan. Mereka datang dari berbagai desa di kecamatan itu dengan jumlah mencapai ratusan. Selain membaca buku di Perpustakaan Jalanan yang menggelar baca gratis mereka juga ingin mendengar dongeng yang juga disampaikan penyelenggara kegiatan.
Selain warga kegiatan itu juga diramaikan anak-anak PAuD dan anak SMP. Kegiatan itu dilakukan selain menambah semangat membaca anak-anak juga dikemas dengan cara edukasi dongeng yang disampaikan Pendekar Dongeng Indonesia, Rohidin alias Kang Didin. Didin menyampaikan dongeng yang mengambil tema 'Bahaya Gadget, Mari Membaca' mendapat sambutan antusias masyarakat.
Dikatakan Didin, dia memberikan dongeng yang jenaka namun sarat hikmah dan makna, bukan hanya anak-anak semata yang menikmati atraksi dongeng itu, melainkan ratusan orang tua yang hadir pun meraka merasa terhibur. Acara itu sengaja digelar dengan tujuan agar anak-anak cilamaya khususnya gemar membaca. Dewasa ini dampak kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada kegemaran membaca pada masyarakat modern. "Kita sampaikan dongeng jenaka yang menghibur semua pendengarnya," kata pendongeng asal Karasak Desa Tegalsari ini.
Didin menambahkan, Perpustakaan Jalanan ini merupakan ide sebagian kecil pemuda Cilamaya yang merasa prihatin akan kondisi anak-anak saat ini yang cenderung lebih dekat dengan gadget dari pada buku. Walau bermodalkan buku seadanya yang didapat dari donatur yang memberikan buku baca layak anak, namun setidaknya bisa menyedot minat baca anak lebih optimal.
Semoga saja sebutnya, dengan diadakan acara ini anak-anak Cilamaya keranjingan membaca dan mendengarkan dongeng seperti masa-masa kecil orangtuanya zaman dulu yang selalu sabar menanti dongeng Wa Kepoh atau Mang Jaya di radio. "Dulu dongeng sangat sabar dinanti, semoga anak-anak sekarang juga begitu," ujarnya.
Kang Didin menambahkan, dengan mendengarkan dongeng, anak akan terpacu untuk belajar dan memahami tanpa merasa digurui. Dengan kemampuannya yang terlatih seperti dalam menirukan suara binatang, ia apresiasi bisa membuat para pengunjung melongo. Itu semua sebut bapak yang kini eksis di Bogor ini, karena jam terbangnya yang sering tampil,  baik seminar dan dongeng sampai ke Singapura dan Malaysia. "Acara ini terselenggara atas dukungan Group Facebook Cilamaya Menulis. Smoga terus sukses, " harapmya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template