18 Rutilahu Jadi Sasaran TMMD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 18 Rutilahu Jadi Sasaran TMMD

18 Rutilahu Jadi Sasaran TMMD

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Oktober 2017 | 15.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Sejumlah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 nampaknya begitu besar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pasalnya, tidak hanya infrastruktur jalan, sebanyak 18 rumah  di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu bakal menjadi sasaran program pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) dalam TMMD ke-100.
Menurut Kades Wanawali Edin, program pembangunan rutilahu memang belum dimulai. Akan tetapi rehab rumah yang tak layak huni itu akan tetap direalisasikan, karena sudah menjadi bagian dari kegiatan fisik TMMD di desanya tahun ini. "Dalam pelaksanaannya pun tidak hanya melibatkan anggota TNI, melainkan dibantu masyarakat setempat," ucapnya, Senin (2/10),
Dirinya menjelaskan, kedepan untuk pelaksanaan rutilahu akan dilakukan secara gotong-royong. Namun, pihaknya saat ini masih menunggu jadwal pelaksanaan pembangunan Rutilahu bagi 18 rumah itu dimulai. "Jika tidak salah anggaran untuk satu unit Rutilahu sekitar Rp. 13,5 juta. Anggaran sebesar itu mencukupi merehab rumah agar layak ditempati," jelasnya.
Tak hanya pembangunan berbagai sarana fisik rutilahu dan pembangunan infrastruktur, dalam pelaksanaan TMMD, Kodim 0619 Purwakarta juga tersedia fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Fasilitas kesehatan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat di sekitar lokasi TMMD secara gratis. "Di lokasi TMMD ini ada fasilitas kesehatan gratis yang bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat," kata Nala, salah satu Petugas Kesehatan RS Gunung Putri.
Nala menjelaskan, di fasilitas kesehatan gratis ini masyarakat bisa mendapatkan pengobatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Mungkin saja selama ini ada masyarakat yang mengeluhkan beberapa sakit yang dirasakan. Dengan adanya fasilitas ini masyarakt di persilakan untuk datang agar keluhan sakit itu bisa diketahui penyebabnya apa dan bisa di obati. "Kita juga melakukan sosialisasi tentang berbagai informasi kesehatan. Yang jelas fasilitas ini bertujuan meningkatkan dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat sekaligus meringankan beban masarakat yang sakit," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template