Taman Bencong Siap-siap Digusur jadi hutan Kota - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Taman Bencong Siap-siap Digusur jadi hutan Kota

Taman Bencong Siap-siap Digusur jadi hutan Kota

Written By ayah satria on Selasa, 19 September 2017 | 14.44.00

KARAWANG, RAKA - Investor yang membangunan perumahan wajib mengadakan ruang terbuka hijau seluas 40 persen dari luas lahan yang akan dibangun. Itu termasuk luas jalan dan fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitan umum (Fasum). Sementara sisanya diperuntukan terhadap bangunan rumah.
“Sesuai Peraturan Bupati investor wajib mengadakan ruang terbuka Hijau 40 %  dan itu harus dilakukan setiap perusahaan yang mengembangkan modal di Karawang," ungkap Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, akhir pekan (16/9) kemarin, saat meresmikan pembukaan hutan kota di Kampung Tegal Tanjung, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat.
Ditandaskan bupati, tanpa terkecuali semua investor yang membangun di Karawang harus mengikuti peraturan yang berlaku. Bupati Karawang bersama jajaran pegawai Pemerintah Kabupaten Karawang meresmikan hutan kota. Bahkan diinformasikan juga, usai meresmikan hutan kota ini, rencananya Pemkab Karawang akan kembali membangun hutan kota di Taman Ade Irma Suryana (Taman Bencong).
Taman Ade Irma Suryani berada di ujung Jalan Kertabumi yang sudah lama digadang-gadangkan akan dijadikan taman kota. Saat ini kondisi taman itu masih berupa lahan kosong dan ditumbuhi pohon-pohon besar. Selain beberapa Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih nekat menggelar lapak di disekitar taman keadaan taman itu juga terlihat kumuh, karena dijadikan tempat menyimpan gerobak dan lapak-lapak PKL.
Bupati Cellica berharap setelah dilaksanakannnya peresmian hutan kota Tegaltajung, itu juga berarti pemerintah daerah telah berhasil menyukseskan harapan masyarakat. Hutan kota itu sendiri terealisasi berkat kerjasama dengan perusahaan otomotif Toyota. “Diharapkan hutan kota ini bisa mengademkan kota Karawang selain harapan agar Karawang ini tidak terlalu panas gersang,” tutur bupati.
Masih dikatakan bupati, hutan kota yang dikelola tersebut luasnya mencapai sekitar 7 hektaran namun yang saat ini dikelola seluas 3,5 hektar. Tujuan pembangunan hutan kota itu sendiri agar Karawang menjadi teduh. “Sangat memungkinkan sekali harapan itu akan terealisasi. Apalagi masih ada satu lahan lagi yang akan kita dijadikan hotan kota, itu Taman Ade Irma Suryani," ucap bupati sambil menyebutkan Taman Ade Irma Suryani.
Disinggung anggaran yang akan digunakan untuk membangun hutan kota Ade Irma Suryani, bupati hanya mengatakan tetap menggandeng pihak swasta. Bupati berharap untuk pembangunan hutan kota di ujung Jalan Kertabumi itupun bisa mengoptimalkan dana Corporate Social Responsibility (CSR). "Kita akan buat hutan kota yang baru juga dibantu CSR dan lokasinya deket pemda juga akan jadi hutan kota penghijauan hari ini harus sudah dibentuk,” ujarnya.
Sementara Kepala Divisi CSR Toyota Aji Sapta menyampaikan Perusahaan Toyota di kawasan KIIC bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang untuk mengembangkan hutan kota di pinggir Jalan Baru itu. Pihaknya berharap kota Karawang menjadi kota yang maju dan sejahtera serta ramah lingkungan. “Alhamdulillah kami bisa berkonservasi lingkungan pembuatan hutan kota di Karawang,“ tuturnya.
Di atas tanah yang luasnya sekitar 3,5 hektar pihaknya ikut berkontribusi membuat Karawang ramah lingkungan dengan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1076 pohon yang terdiri dari 87 jenis tanaman hutan dan 17 jenis tanaman buah. Kususnya jenis pohon mangga dan pohon jambu. "Mudah-mudahan empat tahun mendatang bisa dipanen," ungkap Aji.
Masih ditambahkan Aji dengan tambahan 1076 pohon ini maka Karawang akan bertambah hijau. Sementara, terang Aji, kontribusi Toyota di Karawang dalam bidang lingkngan hingga tahun 2017 telah menanam sebanyak 19.076 keras konservasi dan 803.000 pohon mangrop di pesisisr kota karawang. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template