Tak Kalah dengan Tahun Baru Masehi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tak Kalah dengan Tahun Baru Masehi

Tak Kalah dengan Tahun Baru Masehi

Written By Mang Raka on Jumat, 22 September 2017 | 12.00.00

-Pawai Obor Hingga Kembang Api Sambut 1 Muharam

KARAWANG, RAKA - Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharam 1439 Hijriyah atau tanggal 21 September dalam penanggalan masehi, sangat terasa di Kabupaten Karawang. 
Berdasarkan pantauan Radar Karawang di berbagai desa dan perkotaan, masyarakat berbondong-bondong mengikuti pawai obor, Rabu (20/9) malam. Gema takbir dan salawat terdengar dimana-mana. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orangtua, laki-laki dan perempuan, terlihat bergembira menyambut malam pergantian tahun.
Di Karawang kota misalnya, puluhan ribu orang tumplek di jalanan mengikuti pawai obor yang dimulai dari Kampung Pakuncen, Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, lalu berjalan menuju bundaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), alun-alun, hingga finis di depan Bank Jabar dan Banten (BJB). Kegiatan yang dimulai pukul 19.30 WIB, itu selesai pukul 22.30 WIB. "Kami kerahkan 45 anggota untuk mengatur arus lalu lintas," ungkap Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) Polres Karawang Ipda Anwar SH MH kepada Radar Karawang.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara malam tahun baruan ini begitu sangat semarak. Selain masyarakat, PNS, pejabat hingga musyawarah pimpinan daerah (muspida) juga hadir. Malam semakin ramai saat langit Karawang diwarnai nyala kembang api. Suaranya yang cukup memekakan telinga, membuat suasana pawai tidak kalah dengan pesta pergantian malam tahun baru masehi. "Seru banget. Alhamdulillah suasananya tidak kalah dengan malam tahun baruan Januari," ujar Indra (31) warga Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang hadir dalam acara itu mengatakan, pawai obor sudah menjadi kultur masyarakat Karawang. Selain di perkotaan, di berbagai desa juga menggelar kegiatan serupa. "Semoga di tahun baru ini bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi," ungkapnya.
Sedangkan di Klari, ratusan orang juga terlihat antusias merayakan Tahun Baru Islam. Salah satu kumpulan anak muda yang tergabung dalam Semut Hitam Bershalawat misalnya. Sebelum pelaksanaan pawai obor berlangsung, mereka sudah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tersebut. "Sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari," ucap Egi, salah satu pembina Semut Hitam Bershalawat.
Dia mengatakan, tujuan pawai obor untuk meramaikan tahun baru Islam. Jangan sampai, kata dia, masyarakat khususnya pemuda lebih senang dan bangga memeriahkan hari tahun baru masehi, dibandingkan tahun baru agamanya sendiri. "Alhamdulilah antusias masyarakat dan pemuda juga tinggi," ungkapnya.
Setelah selesai menggelar pawai obor yang dimulai dari Masjid Riyadul Janah, Desa Duren, Kecamatan Klari, dilanjut dengan kegiatan zikir bersama. "Semoga umat Islam diberi keselamatan oleh Allah, dan jangan terpecah belah kita harus bersatu," tuturnya.
Di Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek, perayaan Tahun Baru Islam digelar selama tiga hari. Tryan Febrian (22) warga Dusun Bandung Kidul RT 001/007, Desa Dawuan Timur, mengatakan, rangkaian tahun baru diisi dengan beraneka ragam perlombaan. Seperti santunan anak yatim, kasidah, pidato, azan, nasi tumpeng, marawis, dan tablig akbar. "Hari pertama diisi dengan dengan pawai obor di lapangan bola. Sekitar ribuan warga warga mengikuti pawai ini," katanya.
Sedangkan di Kecamatan Telagasari, pawai muharaman yang diikuti 3.500 siswa dari 32 Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) ini digelar di lapangan Kantor Camat Telagasari, Kamis (21/9). Kegiatan yang dikomandoi Kelompok Kerja Diniyah Taklimiyah (KKDT) bersama MUI dan BAZ tersebut, juga dirangkai dengan kegiatan lainnya seperti santunan dan tabligh akbar, yang dipusatkan di Masjid Jame Ghoyatul Jihad Desa Pasirtalaga. (apk/rud/yna/cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template