Server KTP Elektronik Eror - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Server KTP Elektronik Eror

Server KTP Elektronik Eror

Written By Mang Raka on Rabu, 20 September 2017 | 13.30.00

* Pelayanan Kependudukan di Cilamaya Wetan Terhenti 2 Hari

CILAMAYA WETAN, RAKA - Gara-gara jaringan komputer ke server rusak jadwal pelayanan perekaman Kartu Tanda Kependudukan Elektronik (KTP El) di kantor pelayanan seksi kependudukan Kecamatan Cilamaya Wetan diundur hingga Sabtu (23/9) dari rencana awal Senin (18/9).

Informasi yang dihimpun Radar Karawang, Selasa (19/9) ribuan jumlahnya warga Kecamatan Cilamaya Wetan yang belum melakukan perekaman KTP el. Sementara pemerintah telah mengeluarkan surat edaran percepatan perekaman KTP El hingga Oktober mendatang. Mengacu kepada surat edaran itu, pemerintah kecamatan kembali menyebar undangan terhadap warganya yang belum melakukan perekaman, tanpa terkecauli Kecamatan Cilamaya Wetana.
"Undangan terhadap 5.569 warga dari 12 Desa di Cilamaya Wetan untuk melakukan perekaman KTP el sudah disebar," ungkap Kasie Pelayanan Kependudukan Kecamatan Cilamaya Wetan Ibrahim. Namun, baru hendak di mulai hari pertama yakni Senin (18/9) dengan jadwal perdana warga Desa Mekarmaya, jaringan komputer dan server perekaman KTP El di Cilamaya Wetan malah eror, bahkan berlanjut hingga Selasa (19/9).
Dikatakan Kasie Pelayanan Kependudukan Kecamatan Cilamaya Wetan, Ibrahim. Pihaknya mulai rekam e KTP bagi warga yang sudah mendapati undangan dari Disdukcatpil, jumlahnya sekiyar 5,5 ribuan. Kebetulan, hari senin adalah jadwal pertama bagi watga desa Mekarmaya yanf agendanya pada tangfal 18 - 25 September ini.  Namun, sejak senin, justru jaringannya eror mendadak dari pusatnya, entah ini terjadk di Cilamaya Wetan saja atau juga Kecamatan lainnya, yang jelas dihari pertama, Kecamatan tidak bisa melayani warga perekaman KPT elektronik.
Bahkan, tandas Ibrahim, dihari Selasa pagi juga selain Eror kondisinya diperparah dengan listrik padam. Akibatnya, selain dirinya merasa tidak enak kepada masyarakat pemerima undangan cukup antusias namun tidak bisa dilayani, juga berulang kali memberikan pengertiannya bahwa jaringan eror dan lisitrik juga mati dan itu bukan kewenangan kecamatan.
Lebih lanjut Ibrahim menambahkan, jaringan eror langsung dipastikannya, karena setiap insiden itu selain koordinasj dengan Disdukcatpil juga call center ke Kemendagri. Karenanya, mengantisipasi itu, petugas yang sebelumnya ditarget sehari bisa merekam 100 orang, kemungkinan dihari yang kendalanya eror ini, dialihkan jadwalnya ke hari Sabtu dan minggu, betapapun diluar jam kerja.
Disinggung deadline, Ibrahim meneruskan memang targetnya tidak bulan-bulan ini, melainkan sampai akhir Desember nanti susah terserap semua yang belum terekam, namun karena tujuannya ingin mempercepat, maka undangan perekaman itu digenjot untuk serapan target bisa tercapai maksimal. Namun, dengan jaringan eror ini, sebut Ibrahim, ia berulangkali meyakinkan masyarakat agar memakluminya untuk tidak dilayani dan dialihkan ke hari Sabtu berikutbya. "Dengan undangan sih banyak yang datang, walaupun target ini bisa terserap harapannya sampai akhir tahun ini," ungkapnya.
Sementara Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcatpil Lilis Jaya Sutisna M.Pd mengatakan, jaringan eror saat perekaman, hal itu diluar kendali Disdukcatpil, sebab jadi urusan dan wewenang pusat. Namun, diakuinya memang saat ini, pihaknya tengah menggenjot warga yang belum memiliki dokumen kependudukan untuk direkam, bahkan undangan by name by adres juga sudah disebar. Hanya saja soal jadwal desa mana dan hari apa jadwal perekamannya, itu diatur oleh pihak Kecamatan. "Jaringan Eror itu di pusat, kita tidak bisa punya wewenang lebih, insya Allah tidak lama," ungkapnya. (rud)


Target Perekaman KTP El Cilamaya Wetan 
Laki-laki :  2.764 orang
Perempuan :  2.805 orang
Total     :  5.569 orang

Desa Perdana Perekaman : Desa Mekarmaya
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template