Sekda Ingatkan Kepala OPD Tingkatkan Kinerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekda Ingatkan Kepala OPD Tingkatkan Kinerja

Sekda Ingatkan Kepala OPD Tingkatkan Kinerja

Written By ayah satria on Sabtu, 30 September 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta memaksimalkan kinerjanya mengingat masih banyak pegawai tidak hadir dalam kegiatan olahraga bersama. Olahraga itu mestinya diikuti seluruh pegawai yang sebelumnya diwajibkan untuk hadir setiap Jumat di Lapangan Karangpawitan.
Khusus untuk aparatur pemerintah kecamatan dan pemerintahan desa dijadwalkan minggu pertama. Sedangkan minggu kedua sampai ke empat hanya untuk pegawai OPD selain kecamatan dan desa itu nampaknya masih saja ada beberapa pegawai yang perlu dilakukan teguran, sehingga kegiatan mingguan tersebut dapat diikuti secara maksimal.
Seperti halnya disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi Sutisna, dalam membentuk kesolidan sesama pegawai pemerintahan daerah (pemda) Karawang Kegiatan olahraga yang dilakukan setiap Jumat itu juga sebagai ajang silahturahmi antara pegawai yang ada diseluruh Pemerintah Kabupaten Karawang.
"Untuk pegawai yang belum hadir kita kembalikan kepada kepala OPD karena berdasarkan PP 54 tentang disiplin, kewajiban pertama untuk melakukan pembinaan melalui hukuman disiplin adalah pimpinannya, baik melalui teguran lisan, tertulis sampai pernyataan tidak puas," tegas Sekra kepada Radar Karawang disela-sela kegiatan, Jumat (29/9).
Kata Teddy, jika Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah melakukan yang terbaik terhadap bawahannya, kemungkinan untuk terjadinya ketidakhadiran anggota untuk melaksanakan olahraga bersama tidak akan terjadi jika proses aturan dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pihaknya mencontohkan pemimpin harus melakukan yang pertama teguran sebelum pemberian sanksi 1 ke 2 dan ke 3. Namun jika terjadi masih sama pihak OPD diperbolehkan untuk mengusulkan pemecatan terhadap tim. "Namun jika sanksi tidak dilakukan oleh kepala OPD, maka kepala OPD pun akan kena sanksi," tuturnya.
Dikatakan Teddy dia sendiri bertugas sebagai pengawas yang diperintahkan bupati dan Wakil bupati Karawang dalam memantau pelaksanaan kegiatan olahraga bersama. Menurut Teddy, bupati dan wakil bupati itu pimpinan kepala kebijakan pemerintahan dimana mereka bisa memantau dari jauh juga tidak menjadi masalah. "Kami sebagai petugas di lapangan melaksanaan teknis lapangannya," ucap Teddy.
Masih dilanjutkan Teddy, kehadiran bupati adalah motivasi, karena sebagai kepala pemerintah, tetapi karena kesibukannya dan ranahnya bupati adalah ranahnya kebijakan, dan ranah sekda adalah teknis maka sekdalah yang bertanggung jawab.
Karena dalam pelaksanaan kegiatan mingguan yang selalu dilakukan di lapangan Karangpawitan oleh seluruh ASN, karena dilapangan menjadi tangguing jawab sekda menjadikan pihaknya akan terus mendorong agar OPD dapat memaksimalkan kinerjanya. "Kalau sekali-kali bupati turun ke lapangan sebagai motivator, cukup bupati dengan kebijakan, kita kawal dan laksanakan," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template