Rp 8,4 M Anggaran Pelebaran Jalan Pawarengan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Rp 8,4 M Anggaran Pelebaran Jalan Pawarengan

Rp 8,4 M Anggaran Pelebaran Jalan Pawarengan

Written By Mang Raka on Rabu, 06 September 2017 | 12.30.00

* Akan Dibuat Seperti Underpass Gonggo Karawang

CIKAMPEK, RAKA - Pawarengan menjadi salah satu titik kemacetan di Kabupaten Karawang, untuk mengantisi kemacetan, jalan tersebut dilakukan pelebaran dengan alokasi anggaran sebesar Rp 8,4 Miliar.
Proses pelebaran dilakukan sama dengan pelebaran yang dilakukan di jalan gonggo, Karawang. Karena membuka akses jalan dengan membuat underpass dibawah jalan kereta yang ada di Kampung Pawarengan, Desa Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek.
Saat ini underpass Pawarengan hanya satu lubang, tetapi kedepan setelah proyek pelebaran jalan tersebut tuntas, maka akan menjadi dualubang, sehingga kendaraan roda empat tidak harus bergiliran saat melintasi jalan tersebut. Ditambah lagi, jalan yang menghubung ke underpass Pawarengan diperlebar, sudah ada belasan rumah yang dilakukan pembongkaran agar proyek milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Karawang bisa berjalan sesuai dengan rancangan.
Menurut Ketua Rt 02/03 Desa Dawuan Timur Suparman, warga sangat mendukung dengan adanya proyek pelebaran jalan dan pembuatan underpass tersebut. Kareana akan bisa mengatasi kemacetan yang kerap kali terjadi. "Masyarakat mendukung dengan adanya pelebaran jalan ini, karena kedepannya akan bermanfaat untuk banyak orang," katanya.
Walaupun sebagian tanah masyarakatnya tergusur, menurutnya, dengan adanya peleberan jalan itu, masyarakatn merasa tidak keberatan, bahkan selama proyek itu berjalan, tidak ada penolakan atau komplain yang disampaikan oleh warga sekitar. Selain itu warga yang rumahnya terkena dampak pelebaran jalan, diberikan uang ganti rugi oleh Dinas PUPR. Meski besar nominal yang didapatkan masing-masing warga tidak ada yang bisa memberikan kejelasan secara pasti. "Sudah diberikan ganti rugi, besarannya  sekitar dua setengah jutaan. Itu juga baru katanya, belum tau pestinya berapa," bebernya.
Mu'min (48) Warga Desa Dawuan Timur, Kecamatan cikampek mengatakan, dengan adanya pelebaran jalan tersebut, warga merasa sangat senang. Karena pelebaran yang juga membuka underpass baru itu bawah rel kereta api itu akan memberikan banyak manfaat untuk warga sekitar.
Menurutnya, roda perekonomian masyarakat akan meningkat karena akses jalannya lebih mudah, kemudian, yang biasanya macet karena saat melintasi underpass Pawarengan harus bergantian dari arah utara maupun dari arah selatan, kalau underpassnya sudah selesai dibangun maka tidak harus bergantian saat melintas. "Banyak manfaat yang akan diadapat, karena nantinya akan bisa mengurangi tingkat kemacetan, aktivitas warga (pengguna mobil) juga akan semakin mudah," pungkasnya.
Petugas lapangan PUPR Karawang, Agus Sukma mengatakan, proyek tersebut mulai berjalan pada bulan Juli 2017, kemudian kalender pekerjaan sampai akhir tahun 2017. "Teknis pelaksanaan pelabaran jalan ini, sekitar dua bulanan," ujarnya.
Agus menambahkan, proyek tersebut sampai saat ini berjalan dengan aman, tidak ada gangguan dari piohak lain, bahkan warga sekitar sangatmendukung dengan pembangunan pelebaran jalan dan pembangunan underpass Pawarengan tersebut. "Tidak ada masalah dalam pelebaran jalan ini," katanya.
Menurutnya, dengan adanya pelebaran jalan itu, tingkat kemacetan yang ada di jalan pawerengan bisa teratasi, sehingga warga yang melintasi jalan pawarengan dengan menggunakan mobil tidak mesti hawatir, karena jalannya nanti cukup untuk simpangan dua mobil dari arah yang berlawanan. "Permasalahan yang terjadi disini  bisa teratasi, dengan adanya pelebaran jalan. Jadi akan banyak manfaatnya," katanya.(cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template