Rajin Mengikuti Kegiatan di Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rajin Mengikuti Kegiatan di Sekolah

Rajin Mengikuti Kegiatan di Sekolah

Written By Mang Raka on Rabu, 27 September 2017 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Ada tips mudah untuk dapat menjadi siswa berprestasi di sekolah. Caranya, tidak hanya rajin dalam mengikuti rutinitas belajar di sekolah saja. Akan tetapi, dengan fokus belajar di sekolah, di waktu luang hingga saat berada di rumah. Hal itulah yang menjadi sebuah metode efektif diterapkan sejumlah siswa berprestasi di sekolah Al Irsyad Karawang disetiap jenjang pendidikannya.
"Jika senang dalam satu bidang ilmu, maka terus perdalami. Caranya mudah, dengan banyak belajar saat di waktu luang di sekolah maupun saat di rumah. Jangan terlalu dibikin jadi susah, terus mencoba dan mencari tahu untuk mendalami bidang yang kita gemari," tutur Syaikha Nasywa Kamila, kelas IX, siswi berprestasi di bidang non akademik, SMPIT Al Irsyad Karawang, saat ditemui dilingkungan sekolahnya, Selasa (26/9).
Bahkan, kata Syaikha, memiliki hobi membaca puisi, ternyata tidak hanya mampu menghantarkannya sebagai siswa berprestasi di sekolah bidang non akademik. Akan tetapi, dapat bisa menjelma hobi segudang prestasi. "Dari SD aku memang sudah seneng baca buku puisi. Buku puisi pertama yang aku baca itu berjudul Aku, Chairil Anwar, aku seneng banget dengan kalimat puisi karena kita jadi bisa belajar intonasi kalimatnya, sehingga pas lomba di tingkat kabupaten aku juara harapan baca puisi dan menulis puisi," katanya.
Hal senada disampaikan, Haikal Kamil, siswa berprestasi kelas VIII, SMPIT Al Irsyad, menurut Haikal, selain adanya titisan dari orang tua sebagai atlet taekwondo. Keberhasilannya, meraih juara 3 tingkat provinsi dilomba taekwondo tersebut, merupakan proses usaha dan kerja keras selama ini yang terus digencarkan. "Aku bisa juara 3 ditingkat provinsi, tidak lain karena adanya kegigihan saat berlatih, asal kita rutin berlatih. Pasti hasilnya pun akan memuaskan," ujarnya.
Sama halnya, dengan Agna Satio siswa kelas IX, SMPIT Al Irsyad Karawang, berawal dari teori dasar yang diserapnya dari orang tua yang merupakan pemilik hobi dibidang yang sama, yakni catur. Mampu menjadikan, keberhasilannya bersinar menjadi juara 2 dalam perlombaan catur ditingkat kabupaten belum lama ini. "Aku belajar otodidak. Kalau untuk dasar proses cara menjalankan dalam permainan catur dikasih tau ayah. Cuman kesininya dalam menerapkan strategi dan belajar starategi, akau belajar sendiri," katanya.
Begitupun, dengan Raissa Almyra, pelajar kelas 6 Arofah SDIT Al Irsyad Karawang, terkejut saat berhasil meraih juara 3 dalam ajang pasanggiri presenter tingkat kabupaten belum lama ini. Meski rasa gugup dan malu mengguncang hebat dirinya. Namun, ada cara dalam menghilangkan rasa gugup saat berlomba. Tidak lain, terus berusaha keras,serta proses berlatih sebelumnya yang kian ditingkatkan. "Aku gugup, karena mungkin ini pertama kali ikut lomba jadi presenter dengan membawakan tema kawinan budak lembur, karena aku pengen cari pengalaman sebanyak mungkin. Maka ya aku terus berlatih saja, eh juara 3 ternyata, seneng rasanya," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template