Proyek-proyek Pemkab Karawang Rawan Korupsi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Proyek-proyek Pemkab Karawang Rawan Korupsi

Proyek-proyek Pemkab Karawang Rawan Korupsi

Written By ayah satria on Sabtu, 09 September 2017 | 11.21.00

KARAWANG, RAKA - Ada gula, ada semut. Adagium itu sangat lekat dengan persoalan korupsi. Setiap ada proyek bernilai jutaan hingga ratusan miliar, muncul juga para mafia perampok uang rakyat. Semakin besar nilai proyeknya, semakin besar pula korupsinya.
Di Kabupaten Karawang misalnya, sudah tidak aneh jika proyek pemerintah kerap jadi bancakan oknum pejabat. Buktinya, setiap tahun ada saja pejabat atau kontraktor yang masuk bui karena terbukti korupsi.
Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Sukardi mengakui, dalam beberapa bulan belakangan ini rutin mendatangi dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menyosialisasikan keberadaan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Pasalnya, TP4D merupakan tim yang dibentuk oleh Kejaksaan Agung dalam rangka pencegahan korupsi.
"Hasil dari sosialisasi ini ada sekitar 15 instansi di lingkungan Pemkab Karawang yang melakukan MoU dengan kita. Jadi ada banyak proyek yang nilainya ratusan miliar akan kita kawal. Kita berikan pendampingan hukum agar pelaksanaan proyek berjalan maksimal dan sesuai dengan aturan. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi praktek korupsi," kata Sukardi, Jumat (8/9).
Dikatakannya, TP4D bertugas untuk melakukan pencegahan korupsi terhadap proyek-proyek yang dilaksanakan oleh Pemkab Karawang. Dengan adanya MoU tersebut, TP4D akan mengawasi kegiatan proyek pembangunan mulai dari perencanaan hingga selesai. "Proyek itu harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal, dan lebih penting lagi harus sesuai dengan aturan hukum," katanya.
Melaui  TP4D ini, lanjut Sukardi, kejaksaan melakukan fungsi pencegahan korupsi dalam proyek-proyek yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Karawang. Keterlibatan kejaksaan dalam pelaksanaan proyek Pemkab Karawang untuk memberikan kepastian hukum, dan juga memotivasi panitia pelaksana proyek agar tidak takut melaksanakan proyek tersebut. "Kita hanya memastikan bahwa kegiatan ini tidak melanggar hukum dan selesai sesuai jadwal," katanya.
Menurut Sukardi, dirinya juga mendengar isu miring terkait keterlibatan TP4D dalam proyek-proyek Pemkab Karawang. Dia memastikan jika TP4D tidak ikut bermain proyek, namun hanya memberikan pendampingan hukum agar tidak terjadi korupsi. "Jadi jangan salah sangka jaksa tidak main proyek, dan kita hanya memberikan pendampingan untuk pencegahan korupsi," katanya.
Secara terpisah, pengamat anggaran politik dan Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan, kalau jaksa yang mengawasi proyek, maka sulit untuk mengendus apakah ada aroma korupsi atau tidak. Makanya, dia meminta agar para jaksa yang mengawasi proyek terbuka ke publik. "Kalau jaksa yang mengawasi proyek, memang para jaksa paham dengan pembangunan infrastruktur, atau bisa menghitung teknik panjang jalan, ketebalan semen dalam sebuah bangunan?" ungkapnya.
Ia melanjutkan, seharunya tim TP4D melatih masyarakat agar bisa cerdas dalam pengawasan proyek tersebut. "Jaksa harus terbuka ke publik, itu proyek apa yang sedang diawasi oleh jaksa," tuturnya. (ops/psn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template