PKL Sambil Belajar Ilmu Pemerintahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKL Sambil Belajar Ilmu Pemerintahan

PKL Sambil Belajar Ilmu Pemerintahan

Written By Mang Raka on Jumat, 15 September 2017 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - Minggu pertama dalam melakoni Praktek Kerja Lapangan (PKL) di instansi pemerintah, sungguh mengasyikan. Selain banyaknya pengetahuan baru yang didapat, keramahan para aparat pemerintah di tingkat desa cukup memberikan kesan positif dalam mengawali rutinitas selama 4 bulan lamanya. Kurang lebih perasaan itu yang muncul serta dirasakan sejumlah siswi SMKN 1 Klari, saat hari pertama PKL di balai Desa Duren, Kecamatan Klari. Mereka tidak hanya diberikan materi tentang administrasi kependudukan dalam bidang pendataan dan penginputan. Akan tetapi, beragam struktur yang ada di pemerintahan desa satu persatu digulirkan dalam memberikan pemahaman terkait tugas pokok dan fungsi setiap aparat tersebut.
Ifanu Maulani, siswi Jurusan Pemasaran, kelas XI, SMKN 1 Klari, mengatakan, hari pertama PKL di balai Desa Duren, Kecamatan Klari ternyata, begitu seru. Bahkan, sikap keramahan serta kesabaran para aparat dalam membimbingnya untuk mengetahui berbagai kegiatan di desa begitu baik. "Walaupun, masih canggung tapi seru juga sih PKL di desa ini. Orang-orangnya pada baik, dan humoris juga. Jadi tidak bosan," ucap Maulani, di balai Desa Duren, disela-sela kesibukannya dalam menjalani proses PKL di desa tersebut, kmarin.
Bahkan, lanjut dia, meski sempat terbesit rasa tegang dan rasa ketakutan tidak bisa secara maksimal. Namun, ternyata hal itu terbantahkan. Lantaran, realitasnya keseruan dan asyik sekali. "Ini lokasi PKL pertama kami dilakukan selama 4 bulan, nanti 4 bulannya lagi di tempat yang lain. Jadi untuk anak kelas XI memang sudah mulai pada PKL, secara keseluruhan waktunya 8 Bulan," katanya.
Hal senada disampaikan, Tira Farida, siswi kelas XI, Jurusan Teknik Sepeda Motor. Ketika disinggung persoalan basic kejuruan yang digelutinya tersebut, memang tidak adanya singkronisasi antara keilmuan yang dipelajarinya. Namun, baginya, dimana pun lokasi dirinya melakukan praktek kerja lapangan, akan dimaksimalkan. "Aku jurusan otomotif. Iya sih agak kurang nyambung. Tapi, nanti kita kan ada sesi 2 PKL nya, selama 8 bulan ini, dibagi 4 bulan setiap tempatnya. Nah untuk yang keduanya, saya PKL di sesuaikan dengan jurusan, ini mah untuk pengawalan saja," ucap Tira, saat berbincang-bincang seputar jurusannya, di ruang aparatur Desa Duren.
Meski berbeda, kata dia, apa yang dipelajarinya di Minggu pertama cukup memberikan banyak hal. Salah satunya, beragam pengetahuan serta persoalan yang ada dilapisan masyarakat di wilayah desa ini, cukup tergambarkan. "Ya, saya jadi bisa mempelajari ilmu baru, ilmu pemerintahan ini mah. Tapi, mudah-mudahan saja, apa yang dipelajarinya bisa bermanfaat dan menjadi bekalnya," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template