PKL Dilarang Jualan di Pendopo Karangpawitan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKL Dilarang Jualan di Pendopo Karangpawitan

PKL Dilarang Jualan di Pendopo Karangpawitan

Written By ayah satria on Sabtu, 16 September 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - satpol PP Kabupaten Karawang menegur Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pedagang asongan di pendopo lapangan Karangpawitan, Jumat (15/9). Para pegadang diminta menandatangani surat pernyataan untuk tidak berjualan di lingkungan pendopo karena merupakan sarana umum.
Kepala Bidang Tibum dan Tranmas Satpol PP Kabupaten Karawang Basuki Rachmat SE menyampaikan kegiatan yang selalu dilaksanakan setiap hari oleh anggotanya, bertujuan menertibkan setiap pelanggar peraturan daerah (perda) Kabupaten Karawang. "Kita setiap hari selalu melakukan patroli rutin menyisir tempat-tempat yang disalahgunakan oleh PKL dan tempat-tempat yang kerap menjadi lokasi favorit anak sekolah bolos," tuturnya kepada Radar Karawang disela-sela giat patroli rutin polisi pamong praja itu.
Ditambahkan Basuki dengan mengerahkan beberapa anggota pihaknya berhasil mengamankan barang bukti milik pedagang kaki lima (PKL) yang tidak pernah jera. Padahal mereka sudah sering diperingatkan untuk tidak berjualan di pendopo karangpawitan karena merupakan sarana umum. "Anak sekolah hari ini hasilnya nihil, tidak ada yang terjaring membolos sekolah. Tetapi untuk PKL ada dan pedagang asongan kita lakukan penegoran untuk tidak berjualan di lampu merah dan pendopo karangpawitan," tuturnya.
Jika tidak dilakukan penegoran di khawatirkan ada persepsi salah kalau di tempat-tempat umum itu diperbolehkan berjualan padahal tidak boleh. Selain itu ditakutkan akan berpengaruh besar terhadap lingkungan, karena tidak sedikit sarana dan prasana seperti taman di trotoar selalu rusak akibat di injak-injak pedagang. "Pedagang kaki lima (PKL) kita lakukan peneguran dan himbauan agar tidak menginjak rumput dan tanaman yang berada di dan pemberian arahan," tuturnya.
Tidak sedikit juga seketika dilakukan penertiban terhadap PKL oleh satuan polisi pamongpraja (Satpol PP) kabupaten Karawang di berbagai wilayah Kota, pedagang selalu kejar-kejaran dengan petugas sehingga dampak yang di terjadi seperti kebersihannya danlainnya. "Untuk PKL yang di pendopo kita tegur agar tidak lagi berjualan di lokasi tersebut dan membuat surat pernyataan," tuturnya.
Sementara itu, Ukim warga lingkungan Jatirasa yang selalu berjualan di pendopo Karangpawitan menyampaikan, setahunya aturan yang ada tidak boleh berjualan di trotoar jalan bukan di pendopo Karangoawitan. Tindakan Satpol membuat pihaknya kecewa karena tidak tahu aturan yang tidak membolehkannya berdagang di pendopo. "Saya dari dulu julan disini, setahu saya yang tidak boleh untuk jualan itu di trotoar," ucap Ukim. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template