Persika Tanding Playoff di Solo - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Persika Tanding Playoff di Solo

Persika Tanding Playoff di Solo

Written By Mang Raka on Selasa, 19 September 2017 | 12.00.00

-Satu Grup dengan Persiraja, Celebest FC dan Persepam

KARAWANG, RAKA - Peraturan Liga 2 memang kejam. Dari total 61 klub, 37 diantaranya terdegradasi musim ini. Artinya ada setengah klub yang bermain di kasta kedua Liga Indonesia, turun derajat ke Liga 3 tahun depan. Nah, dari sekian klub tersebut, ada 16 klub yang diberikan kesempatan kedua untuk terhindar dari degradasi dalam babak playoff, yang akan diselenggarakan mulai 8 Oktober mendatang. Diantaranya Persika Karawang.
Klub besutan Suimin Diharja, itu lolos dari lubang degradasi setelah memenangkan pertandingan menghadapi Cilegon United, sekaligus mengamankan posisi empat Grup 2. Selisih satu poin dengan Persikad Depok, yang dipastikan tersingkir dari Liga 2.
Hasil drawing playoff di salah satu hotel di Jakarta, Senin (18/9) siang, Persika Karawang masuk Grup E bersama Persiraja Banda Aceh, Celebest FC dan Persepam Madura. Jika tim kebanggaan masyarakat Karawang, itu berhasil menduduki peringkat pertama maka musim depan tetap berlaga di Liga 2. Jika gagal, Agus Supriyanto Cs tetap bisa bertahan di kasta kedua Liga Indonesia, dengan catatan menjadi runner up terbaik. "Insya Allah siap (menjuarai grup)," ungkap Manajer Persika Karawang Rahmat Gunadi kepada Radar Karawang.
Dia melanjutkan, dalam pertarungan menghadapi tiga tim lain, Laskar Jawara tidak bermain di Stadion Singaperbangsa. Pasalnya, babak playoff menggunakan sistem home turnamen. "Kita bertandingan dengan Persiraja, Celebest, dan Persepam di Stadion Manahan Solo," ujarnya.
Sementara Manajer Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) Asep Saputra mengatakan, babak yang cukup krusial tersebut, diprediksi akan berlangsung panas dan ketat. Klub-klub yang mendapat kesempatan kedua tersebut, terdiri para klub yang menduduki peringkat 3 dan 4 klasemen akhir babak penyisihan grup. Mereka harus berjibaku untuk merebut 5 jatah tiket untuk bertahan di Liga 2 musim depan, alias tidak terdegradasi ke kasta ketiga piramida kompetisi tanah air. "Lima jatah tiket tersebut, adalah juara dari masing-masing grup secara otomatis akan tetap bertahan di kompetisi Liga 2 musim depan," ujarnya.
Sementara satu tiket sisa lainnya, akan menjadi milik klub yang keluar sebagai runner up terbaik. "Lima klub tersebut akan bersama tiga tim promosi dari Liga 3, akan melengkapi 16 klub saat ini untuk menjadi peserta Liga 2 musim depan," tuturnya.
Chief Operation Officer PT LIB Tigor Shalom Boboy mengatakan, Terdapat 16 tim yang bakal bertarung sengit demi lima tempat tersisa, untuk tetap bertahan di kompetisi Liga 2 musim depan. Pengundian dilakukan di depan perwakilan tim serta awak media demi menghindari. "Di sini pengundian dilakukan di depan bapak-bapak semua sehingga terbuka. Kami juga mengundang teman-teman dari media, agar semua tahu dan bisa menyaksikan hasil drawing ini dengan seksama," kata Tigorshalom.
Menurutnya, Liga 2 musim ini memang berat karena kompetisi musim depan hanya melibatkan 24 peserta. Sementara pada musim ini, terdapat 61 tim yang bersaing untuk promosi ke Liga 1 atau sekadar bertahan di Liga 2. "16 tim yang mengikuti playoff ini diambil dari peringkat tiga dan empat dari delapan grup babak penyisihan kemarin. 16 tim ini kemudian dibagi ke dalam empat grup dan hanya peringkat pertama dan runner-up terbaik yang bakal dipertahankan," ujarnya. (psn/nt)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template