Pemohon Perubahan NIK KK Membengkak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemohon Perubahan NIK KK Membengkak

Pemohon Perubahan NIK KK Membengkak

Written By ayah satria on Selasa, 19 September 2017 | 15.20.00

KARAWANG, RAKA - Sepekan terakhir ini bagian pelayanan kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) di kecamatan disibukkan permohonan warganya untuk perubahan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Keluarga (KK) supaya sinkron dengan yang ada di KTP elektronik.
Terkait itu, Kasi Kependudukan Kecamatan Karawang Barat, Oyok SH, ketika dikonfirmasi, Senin (18/9) ternyata dalam keadaan sibuk sehingga tidak bisa memberikan keterangan. Hanya saja, menurut operator perekaman KTP el GG Gunawan perubahan nomor induk kependudukan di KK memang harus sinkron dengan yang ada di KTP yakni urutan angka 321 yakni nomor kepala kartu keluarga.
Gunawan sendiri tidak menyangkal masih banyak NIK di kartu keluarga milik warga yang belum 321 sehingga perlu perubahan. "Jika masyarakat yang sudah memiliki KTP-el tetapi nomor kartu keluarganya belum 321 maka harus dilakukan perubahan," ucap Gunawan. Karena baik di KTP el maupun di Kartu Keluarga nomor kepala KK dan KTP nya harus sama yakni 321.
Jadi dijelaskan Gunawan yang dirubah bukan nomor di KTP el tetapi nomor kepala keluarga yang ada di Kartu Keluarga. sebab No NIK yang ada di KTP-el sudah terpusatkan jadi sudah benar. "Jika ada perubahan seperti status alamat atau tanggal lahir dan lainnya, itu baru dilakukan perubahan KTP-el yang saat ini digantikan surat keterangan (Suket) bagi yang KTP el nya belum tercetak," papar Gunawan.
Disinggung jumlah warga yang melakukan perubahan nomor kepala keluarga di Kartu Keluarga, operator perekaman Disdukcatpil di Kecamatan Karawang Barat itu mengatakan jumlahnya bisa mencapai belasan setiap harinya. "Ada 15 warga yang melakukan perubahan nomor kepala keluarga di Kartu Keluarganya. Nomor kepala keluarganya tidak sinkron dengan yang ada di KTP elektronok," terang Gunawan.
Sementara menyinggung warga yang sampai saat ini masih melakukan perekaman KTP Elektronik, Gunawan tidak menyangkal jumlahnya masih terus bertambah setiap harinya. Terutama setelah adanya surat edaran dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil agar Oktober ini perekaman sudah rampung. "Berdasarkan data warga melakukan perekaman KTP el
jumlahnya masih ratusan. "Data sehari warga melakukan perekaman bisa sampai seratusan. Seperti hari ini jumlah mencapai 100 warga," pungkas Gunawan. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template