Pembangunan Berwawasan Lingkungan Perlu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembangunan Berwawasan Lingkungan Perlu

Pembangunan Berwawasan Lingkungan Perlu

Written By Mang Raka on Jumat, 22 September 2017 | 12.00.00

TEGALWARU, RAKA - Walaupun kualitas lingkungan hidup Kabupaten Karawang dinilai belum optimal, namun sebenarnya masih dapat diatasi dengan cara mengembangkan pola dan kebijakan yang lebih mengarah terhadap pembangunan berwawasan lingkungan.

Hal itu diungkapkan Ketua Program Magister Ilmu Geografi FMIPA Universitas Indonesia, Tarsoen Waryono, beberapa waktu lalu, melalui artikelnya yang disampaikan ke harian ini. Menurut dia kualitas lingkungan hidup di Karawang bisa dioptimalkan melalui program pembangunan berwawasan lingkungan. Program ini merupakan pemikiran jangka panjang yang bermuara pada pembinaan masyarakat secara utuh berdasarkan falsafah hidup Pancasila dengan ciri-ciri keselarasan, hubungan antara manusia dengan Tuhannya, hubungan antara manusia dengan masyarakat, dan hubungan antara manusia dengan alam lingkungannya. "Jangkauan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) Kabupaten Karawang idealnya lebih menititik beratkan terhadap pemanfaatan dan pengembangan potensi sumberdaya alam yang dapat diperbarui," ucapnya.
Sementara penggalian potensi sumberdaya alam berbasis ekowisata seperti potensi Gunung Sangga Buana di Kecamatan Tegalwaru dengan beberapa Curug (air terjun) yang ada di wilayah tersebut juga perlu dioptimalkan. Selain rehabilitasi sebagian lahan-lahan hutan (Perum Perhutani) menjadi Hutan Raya, Taman Kahati, dan kawasan konservasi batuan karst, pada dasarnya merupakan potensi sumberdaya alam, selain dapat dimanfaatkan sebagai wahana penyeimbang  lingkungan, juga meruapakan daerah tujuan wisata. Kedua, sebagai kelanjutan dari jangkauan pembangunan jangka panjang yang dijabarkan dan diimplementasikan dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM), mendudukan posisi penting bagi generasi mendatang.
Untuk itu, kata Tarsoen, pelaksanaan pembangunan generasi sekarang hendaknya dilakukan secara arif dan bijaksana, hingga akan tercipta pemenuhan kebutuhan untuk mengembangkan orientasi pembangunan yang bersifat lintas-angkatan, dengan mengkaitkan generasi masa kini dan generasi masa datang, serta terjelmanya hubungan solidaritas antar generasi. "Hal yang menonjol dalam kerangka relevansi ini adalah dimensi kualitas hidup sebagai sasaran temu bagi pembangunan dan pengembangan lingkungan. Warna, mutu dan kualitas lingkungan hidup meningkat sejalan dengan meragamnya (diversifikasi) aktivitas masyarakat," terang Tarsoen.
Disamping, tambah Tarsoen, arah pembangunan jangka panjang Kabupaten Karawang, lebih diarahkan untuk meningkatkan struktur ekonomi yang lebih beragam dan berkelanjutan, berbasis sumberdaya alam yang tersedia, agar pengembangan lingkungan hidup untuk mencapai keseimbangan ekosistem pada pusat-pusat kegiatan ekonomi perkotaan, akan menjadi dinamis dan stabil. Hal tersebut mengingat keragaman sebagai ciri penting kualitas hidup dan merupakan titik temu dari pembangunan dengan pengembangan lingkungan hidupnya.
Tarsoen juga memaparkan, kerangka referensi pengembangan lingkungan hidup di Kabupaten Karawang, tidak hanya mencakup dimensi lingkungan alam dengan unsur biologi dan hidroorologis semata-mata, akan tetapi juga mencakup dimensi lingkungan hidup sosial, sehingga terjalin hubungan timbal balik antara manusia, masyarakat dan lingkungan hidupnya.
Dalam hubungan ini, lanjut dia.,  penting untuk memacu kesadaran pola hidup berkemandirian, sebagai pola hidup yang wajar atas dasar penyerasian daya dukung sumberdaya alam lingkungan hidup, termasuk unsur-unsur lingkungan hidup (ekosistem alam, sosiosistem dan teknosistemnya). Hal tersebut menjadi urgen bahkan strategis, mengingat bahwa posisi Kabupaten Karawang yang berada pada persimpangan (Setiga Emas) Jawa Bagian Barat, karena berada di persimpangan jalan menuju ke arah Ibukota Negara (Jakarta), kota legendaris Bandung dan kota pelabuhan Cirebon. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template