Pelayanan Disdukcatpil Masih Dikeluhkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelayanan Disdukcatpil Masih Dikeluhkan

Pelayanan Disdukcatpil Masih Dikeluhkan

Written By ayah satria on Selasa, 19 September 2017 | 15.25.00

KARAWANG, RAKA - Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) masih dikeluhkan. Dinas itu diminta peka dan melakukan terobosan untuk memangkas sistem pelayanan yang dinilai tidak efektif dan lamban.
Seperti dikeluhkan Nursikin (27) warga Kampung Kaceot, Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, kemarin. Tadinya ketika berangkat dari rumah dia berharap mendapat pelayanan optimal dari petugas kependudukan. Tetapi yang didapatnya malah merasa dipimpong. Dari kecamatan dia malah disuruh ke kantor Disdukcatpil. "Saya mau bikin KTP-el, eh malah disuruh ke Catpil karena nomor induk kependudukan (NIK) tidak sinkron," tuturnya.
Nursikin menilai arahan yang disampaikan petugas kependudukan di kantor Kecamatan Karawang Barat berbelit-belit. Padahal menurut Nursikin bisa saja kan perubahan itu di urus cukup di tingkat kecamatan dan tidak harus ke disdukcatpil. Paling tidak jika itu ditangani kecamatan itu bisa memangkas panjangnya antrean pemohon di Disdukcatpil. "Masyakarat selalu berharap mendapatkan pelayanan terbaik di semua sektor pelayanan khususnya pelayanan KTP-el dan Kartu Keluarga. Itu yang diidam-idamkan masyarakat bukan pelayanan berbelit-belit," tandas Nursikin.
Masih dikatakan Nursikin, pelayanan terhadap masyarakat saat ini masih dirasakan ketidakpuasan. Antrean panjang masih terjadi dan pelayanan tidak dilakukan disatu tempat sehingga terkesan bertele-tele. "Kalau rumah dekat tidak masalah bagaimana yang rumahnya jauh, kan harus bolak-balik. Bukan capek karena bolak baliknya itu tetapi masing-masing juga kan punya kesibukan, seperti bekerja dan lainnya. Itu mestinya jadi pertimbangan Disdukcatpil untuk mengoptimalkan kantor kecamatan," tutur Nursikin.
Nursikin menjelaskan keribetan sistem pelayanan yang diberlakukan saat ini. Kalau diuraikan, terang Nursikin, KTP el mengambilnya kan di Disdukcatpil padahal buatnya bisa di kecamatan. Sekarang untuk mengurus perubahan nomor NIK itu harus di Disdukcatpil dan setelah itu balik lagi ke kecamatan. Itu yang dinilai Nursikin tidak efektif.  "Pelayanannya ribet mau bikin KTP-el juga harus ke capil karena salah NIK nanti ke Kecamatan lagi, pusing kerjaannya berulang-ulang," tuturnya.
Kata Nursikin selain pelayanan di Capil seharusnya bisa juga dilakukan di Kecamatan termasuk perbaikan No Nik, sehingga masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukannya tidak di buat pusing dengan harus bolak-balik ke Kecamatan dan Capil. "Harusnya di Kecamatan juga disedikan buat perubahan no NIk yang salah, jadi gak harus bulak balik capil kecamatan," tandasnya.
Lanjut Nursikin sebagai abdi negara pelayan masyarakat dirinya meminta agar apa yang menjadi persoalan pada hari itu bisa segera mungkin dilakukan pembenahan sehingga masyarakat yang memiliki kesibukan di luar tidak harus lagi dibuat pusing akan pelayanan yang masih semerawut. "Permintaan saya mah benahin pelayanannya agar masyarakat tidak harus ribet lagi bikin dokumen baik kartu tanda penduduk maupun kartu keluarga," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template