Pelajar SMK PGRI Telagasari Kuliah di 3 Negara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar SMK PGRI Telagasari Kuliah di 3 Negara

Pelajar SMK PGRI Telagasari Kuliah di 3 Negara

Written By ayah satria on Senin, 25 September 2017 | 17.30.00

TELAGASARI, RAKA - Sukses melepas 11 siswa kuliah di China dari program beasiswa perusahaan otomotif tahun ini SMK PGRI Telagasari kembali melepas alumninya ke Universitas Chia Nan Pharmatology Taiwan 4 September lalu. Selama 4 tahun kedepan, para lulusan SMK rujukan nasional di Karawang ini akan menempuh perkuliahan strata 1 yang semua akomodasinya ditanggung Pemerintah Taiwan.
Wakasek Hubungan Industri SMK PGRI Telagasari Yan Yan Sopyan ST mengatakan, sukses mendapatkan beasiswa hasil seleksi ketat, siswa lulusan SMK PGRI Telagasari kembali melepas 14 siswa dari total 302 se Indonesia untuk kuliah di Taiwan pada 4 September lalu. Dengan yang terakhir itu berarti sekolah tersebut telah mengirimkan siswanya untuk belajar selain ke China juga Malaysia dan Jepang serta Taiwan.
Dari hasil seleksi yang digelar jauh sebelum UN, dipilih 14 siswanya untuk kuliah tahun ini. Pelepasan langsung secara simbolis dilakukan Ketua PD PGRI Karawang 4 September lalu. Selama menempuh S1 pemerintah Taiwan menanggung semua biaya akomodasi, uang saku, asuransi kesehatan, asrama, makan dan penunjang pendidikan dan itu merupakan bentuk kerjasama bilateral antara Indonesia - Taiwan.
Di Taiwan sambung Yan Yan ke 14 siswanya ini kuliah di Kampus Universitas Chia Nan Pharmatology Fakultas Teknik dan Fakultas Manajemen. "Sebanyak 14 siswa kami sudah dilepas pada 4 September lalu ke Taiwan dan secara simbolis dilepas Ketua PGRI Karawang," ujarnya.
Yan Yan menambahkan, mendapati beasiswa berkuliah ke luar negeri bukanlah hal mudah, karena selama proses tahapan seleksinya sendiri cukup ketat, mulai tes tulis, medikal chek up, fisik hingga penguasaan bahasa Inggris sebanyak 350 Toefl harus dilalui. Terlepas dari itu dia berharap program tersebut bisa terus berjalan atas kerjasama yang baik antara unit kerja dilingkungan SMK PGRI Telagasari dengan pihak ekatrnal.
Besar harapan pihak sekolah, agar para siswa yang kuliah di Taiwan maupun yang magang di Jepang kembali ke tanah air dengan membawa modal wawasan dan bisa memperluas lapangan kerja baru hingga menyerap para lulusan SMK PGRI Telagasari yang belum tersentuh dunia industri. "Semoga sukses dan pulang membawa modal wawasan dan serapan tenaga kerja ditempat mereka tinggal," ungkap Yan Yan.
Kepala SMK PGRI Telagasari Drs H Cecep Jalaludin M mengatakan di luar ekspektasi sejak berdirinya SMK ini ia tidak membayangkan akan lahir para alumni yang berkuliah di Luar Negeri dengan derasnya seperti saat ini. Namun, semuanya terbukti dan manfaat bagi para siswanya, sehingga memacu pihak sekolah untuk terus menjalin silaturahmi yang optimal dengan eksternal.
Betapa bangganya pihak sekolah menyaksikan anak petani, anak tukang becak dan lainnya berkuliah di Taiwan, sehingga ia berharap kedepan, saat pulang, anak- anak bisa memberdayakan dan mengelola potensi-potensi besar yang ada di Karawang. "Kita bangga, orangtua juga mengapresiasi, tapi tugas utama dan tujuan utamanya adalah mendidik anak-anak yang harus fokus, baik olehnya maupun guru-gurunya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. wah sekolaha saya tuh di deket pasir

    http://www.alamikesehatan.com

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template