KKN Tuntas Kembali ke Kampus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KKN Tuntas Kembali ke Kampus

KKN Tuntas Kembali ke Kampus

Written By Mang Raka on Rabu, 20 September 2017 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Berakhir sudah Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Islam "45" (Unisma) Bekasi, di Kecamatan Telukjambe Timur, selama 1 bulan lamanya. Beragam program kerja unggulan yang dicetuskan setiap kelompoknya, tidak hanya mampu memberikan efek perubahan di wilayah kecamatan tersebut. Akan tetapi, bisa memberikan wahana stimulan terhadap peningkatan potensi disetiap desa yang ada di kecamatan tersebut. Seperti halnya, keberadaan mahasiswa KKN Kelompok 4, Desa Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur, misalnya sebanyak 23 program yang ada di kelompok tersebut, tuntas terealisasi dengan tepat waktu. Kini, mereka akan kembali ke kampus.
Ketua Kelompok 4 Desa Puseurjaya, Dimas Prasetyo, mahasiswa semester 7, Unisma Bekasi, mengatakan, ada 3 program Unggulan yang berada di kelompoknya. Hal tersebut diharapkan mampu menjadi daya dobrak perubahan tercipta di wilayah desa ini, meski durasi waktu terbilang singkat. "Dari 23 program kerja secara keseluruhannya. Ada 3 program unggulan kelompok kami, seperti program kerja seminar strategi optimalisasi pengendalian pencemaran lingkungan menuju desa sehat dan ramah lingkungan. Program pengadaan bak sampah di lembaga didik. Program sosialisasi hidroponik," ungkap Dimas, kepada Radar Karawang, Selasa (19/9).
Dimas melanjutkan, meski berbagai kendala ditemui saat prosesi KKN, akan tetapi optimisme para anggota kelompoknya dinilai tinggi dalam menuntaskan berbagai rencana program kerja yang sudah dirumuskan. Hal tersebut, dengan harapan dari seluruh program kerja yang usai terealisasi dapat terus berkelanjutkan. "Semoga program kerja KKN kami ini, dapat diteruskan oleh warga di wilayah desa ini. Karena tidak sedikit program kerja kami tuntas digulirkan, meski partisipasi masyarakat di wilayah desa ini dinilai kurang. Kami sangat berharap untuk terus dikembangkan," paparnya.
Hal senada disampaikan, Putra Yudha Kurniawan, mahasiswa semester 7, jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa, menurutnya, banyak tantangan serta kendala saat melakukan KKN di wilayah urban. Selain wilayah Desa Puseurjaya, mayoritas masyarakat perumahan. Hal tersebut memicu berpikir lebih keras dalam merealisasikan berbagai program kerja yang disusun sebelumnya. "Wilayah Desa Puseurjaya ini, kita ketahui bersama sebagian kota, sebagian perkampungan. Jadi semi kota, semi desa. Tapi alhamdulilah program kerja dapat tuntas dijalankan," ucapnya.
Dr Yayat Suharyat, Plh Rektor Unisma Bekasi, mengatakan, dari hasil pengawasan para mahasiswanya Minggu lalu, setiap kelompok di berbagai desa yang ada di Kecamatan Telukjambe Timur, cukup komunikatif dan aktif. Hal tersebut diharapkan dengan adanya KKN ini, memberikan suatu perubahan  positif di wilayah kecamatan ini. "Semua kelompok cukup baik menjalankan KKN nya, semua tuntas dengan serempak dalam merealisasikan program kerjanya. Minggu lalu di minggu ketiga tepatnya. Sudah mencapai 75 persen. Sekarang semua serempak tuntas. Dan ini dirasa sudah cukup mencapai target tema KKN di wilayah ini," katanya.
Sehingga, kata dia, selama 1 bulan menjalani program KKN tersebut,dapat dimaksimalkan secara efektif dan efisien. "Dari 20 program yang ada disetiap kelompoknya. semua sudah tuntas, sesuai waktu yang ditentukan," katanya.(ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template