Kades Cilewo Dibui, Kursinya Jadi Rebutan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Cilewo Dibui, Kursinya Jadi Rebutan

Kades Cilewo Dibui, Kursinya Jadi Rebutan

Written By Mang Raka on Jumat, 22 September 2017 | 12.00.00

TELAGASARI, RAKA - Masih ingat dengan Kades Komarudin alias Komeng yang menghabiskan bantuan keuangan untuk desanya digunakan hura-hura. Nah, paska inkrah vonis Pengadilan Tipikor Bandung atas mantan Kades Cilewo itu, konstelasi politik pemilihan kepala desa kembali menghangat.
Bahkan, belum jelas jadwal pilkades yang akan digelar dengan musyawarah tersebut, sejumlah calon disebut-sebut mulai ancang-ancang setelah kades lamanya terseret ke meja pesakitan. Camat Telagasari Hj Yetty Maryati S.Ip mengatakan, paska inkrah hasil keputusan pengadilan, Desa Cilewo tetap kondusif dibawah kendali pelaksana tugas (Plt) sementara, yang tak lain adalah sekdesnya.
Sama seperti kades definitif, tugas dan wewenang Plt berjalan stabil, baik pemerintahan, pembangunan dan penandatanganan kependudukan warganya. Namun, sebut Yetty, sampai saat ini jangankan bicara pilkades, penjabat sementara (Pjs) dari PNS saja belum ditetapkan, meskipun diakuinya inkrah hasil keputusan pengadilan sudah lama turun ke mejanya. "Sementara masih terus dijabat Plt, tugas dan wewenangnya sama seperti kades pada umumnya," ungkapnya.
Disinggung santer kabar bahwa pilkades musyawarah bakal digelar November, Yety menepis anggapan itu. Sebab, sampai sejauh ini pejabat sementara yang ditunjuk untuk mempersiapkan pelaksanaannya saja belum turun. Sehingga pihak kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Karawang juga belum memastikan kapan jadwal pilkades musyawarah Desa Cilewo itu digelar. Meskipun dirinya tidak menampik, sejak kades lamanya tersandung hukum, mulai banyak tokoh yang berminat mencalonkan diri. Mulai dari kalangan PNS, pensiunan polisi, tokoh hingga mungkin Plt yang saat ini menjabat. Karenanya, dia masih menunggu arahan dari pemkab kaitan jadwal pengadaan Pjs, maupun jadwal pilkades. Tapi terlepas hal itu, Plt tetap menjalankan roda pemerintahan sementara sampai dengan saat ini. "Isu banyaknya calon memang santer sih, tapi Pjs nya juga belum ada, karena baru lolos butuh saja," ungkapnya.
Kabid Pengembangan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Budiman Achmad, saat disinggung kapan penetapan Pjs Desa Cilewo dan agenda pilkades musyawarah yang akan dilaksanakan Desa Cilewo, sampai berita ini ditulis, mantan pejabat Dinas Kesehatan tersebut belum memberikan balasan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template