Hama Lembing Serang Pemukiman Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hama Lembing Serang Pemukiman Warga

Hama Lembing Serang Pemukiman Warga

Written By Mang Raka on Senin, 11 September 2017 | 14.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Sudah sepekan terkahir, hama lembing atau hewan kumbang kecil berwarna hitam, menyerang pemukiman penduduk dua kecamatan di Purwakarta. Meski tidak terlalu membahayakan, namun serbuan hama itu membuat aktiftivas masyarakat terganggu.
Biasanya, serangga sejenis walangsangit biasa menyerang tanaman padi di area pesawahan, kini sudah masuk ke rumah-rumah warga terlebih saat malam hari. Serangga tersebut tidak hanya mengeluarkan bau tidak sedap tetapi juga menyebabkan rasa pedih dan gatal saat hinggap ditubuh. "Saat malam hari lampu rumah-rumah warga langsung dipadamkan agar tidak dihinggapi hama lembing," kata H. Unang (50) Ketua RT 01/01, Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, kepada Radar Karawang, Minggu (10/9).
Dirinya mengaku sangat khawatir dengan maraknya hewan yang menyerang rumah-rumah warga. Dia takut hama itu membawa penyakit bagi masyarakat. "Bahkan beberapa warga terpaksa mengenakan masker untuk beraktivitas di luar rumah pada malam hari," kata ia.
Tak hanya pemukiman warga, maraknya hewan itu, juga menggangu aktivitas para pedagang Pasar Plered saat malam hari. "Biasanya lampu kita bungkus pake kertas agar tidak terlalu terang supaya hama lembing tidak beterbangan dekat barang dagangan,'' kata Ujang pedagang Martabak pasar Plered.
Tak beda jauh dengan warga Plered, Sebagaian masyarakat Sukatani juga mengaku resah dengan serbuan serangga tersebut. "Bisa dilihat siang hari berserakan di depan rumah dan katanya suka bikin gatal kalau dihinggapi serangga itu,'' tutur M Yogi Sugianto, warga Desa Cianting, Kecamatan Sukatani.
Masyarakat berharap, adanya perhatian dan dari Dinas Pertanian ataupun intansi terkait agar serbuan hama yang menyerang penduduk bisa segera diatasi. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template