Guru SMAN 1 Cikampek Tolak Peliputan Wartawan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru SMAN 1 Cikampek Tolak Peliputan Wartawan

Guru SMAN 1 Cikampek Tolak Peliputan Wartawan

Written By Mang Raka on Rabu, 06 September 2017 | 13.30.00

KOTABARU, RAKA - Guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cikampek dinilai melakukan penolakan terhadap wartawan untuk melakukan peliputan disekolahnya. Padahal, fungsi pengontrolan wartawan terhadap satuan pendidikan dan dinas/instansi sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.
Terlebih dalam menjalankan tugasnya, wartawan dilindungi oleh undang-undang no 40 tahun 1999 tentang Pers. Dalam BAB VIII Ketentuan Pidana Pasal 18 disebutkan, setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi tugas wartawan dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500 Juta.
Pelaksana Harian Kepala SMAN 1 Cikampek Jantes mengatakan, ketika ada orang asing datang kesekolahnya, untuk mencarai informasi  tidak akan diterima untuk mendapatkan informasi tersebut. "Bukannya tidak mau, tapi harus ada kartu pengenal dulu," ujar Jantes, kepada Radar karawang (5/9).
Hal itu, tambah Jantes, dikarenakan harus ada prosedur terlebih dahulu saat melakukan kunjungan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian, pihaknya baru akan menerima dengan pintu terbuka. "Harus ada surat dulu, karena kami pun, ketika ada keperluan keluar, memberikan surat terlebih dahulu," katanya.
Menurutnya, bukan tidak mau kooperatif dan mendukung tugas wartawan untuk meliput  sekolohnya, karena apapun harus mengikuti prosedur dan menunjukan identitas yang jelas. "Ma'af belum bisa meliput sekolah ini, karena wartawannya belum mempunyai surat tugas," ujarnya.
Saat wartawan Radar Karawang menjelaskan dan meminta untuk komunikasi lebih jelas terkait penolakan tersebut, ternyata pihak sekolah tetap tidak mau menerima, dan tidak memebrikan informasi terkait perkembangan disekolahnya.(cr1)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template