Gado-gado Tanggul Johar Paling Mantap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gado-gado Tanggul Johar Paling Mantap

Gado-gado Tanggul Johar Paling Mantap

Written By ayah satria on Sabtu, 16 September 2017 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Siapa yang tidak kenal dengan gado-gado. Salah satu makanan yang berasal dari Betawi, ini sudah malang melintang di Jawa Barat. Kuliner berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang disertai irisan telur, kentang rebus yang sudah dihaluskan, ini sudah menjadi makanan yang paling banyak diburu.
Namun, tidak semua gado-gado yang diolah oleh para penjual bisa sesuai selera lidah pembelinya. Karena selain butuh perpaduan bumbu yang pas, bumbu kacang yang menjadi faktor penentu nikmat tidaknya gado-gado, juga harus diramu sedemikian rupa agar pas rasanya. Radar Karawang menemukan gado-gado yang bisa menjadi pilihan pecinta makanan penuh gizi ini. Namanya Gado-gado Tanggul Johar. Lokasinya dekat jembatan irigasi Johar, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur.
Tidak sulit menemukan tempat ini. Karena jika kita datang dari arah Karawang, setelah melintasi jembatan irigasi Johar, belok ke kiri jalan. Sekitar tiga meter setelah belok, tempat gado-gado yang dimaksud sudah terlihat. Tandanya ada buah kelapa yang bertumpuk. Dan kaca gerobak bertuliskan Gado-gado Tanggul Johar.
Untuk menikmati gado-gado, kita harus menunggu kurang lebih lima menit. Sambil menunggu makanan tersebut diolah oleh Feri Fadillah, owner sekaligus pengolah gado-gado, kita bisa menikmati aliran irigasi yang terlihat berobak. Tidak berapa lama, makanan yang ditunggu-tunggu datang. Sajiannya sangat menggoda selera. Bumbu kacangnya begitu kental, menutupi sayuran yang terlihat segar. Santapan pertama...mmmm...bumbunya sangat terasa. Pas di lidah. Padu padan kacang, bawang putih, sayuran, toge, kentang, dan telur, membuat lidah bergoyang. Tidak terasa santapan dengan santapan tinggal menyisakan daun pisang yang menjadi alas gado-gado.
Usai menikmati gado-gado, kita juga bisa kembali memanjakan lidah dan tenggorokan dengan es kelapa muda. Rasanya segar, apalagi kelapa muda yang dipesan sangat segar. Asli, kelapanya juga tidak keras tapi sangat lembut. "Ciri khas gado-gado punya saya, memiliki rasa yang khas akan bumbunya. Itu juga kata pelanggan yang sering ke sini," tutur Feri kepada Radar Karawang, Jumat (15/9) kemarin.
Bicara harga, sangat ramah di dompet. Gado-gado polos hanya Rp 12 ribu, pakai lontong Rp 13 ribu, ditambah lontong plus telur Rp 16 ribu. Sedangkan gado-gado plus nasi Rp 15 ribu, ditambah nasi dan telur Rp 16 ribu. Untuk es kelapa muda Rp 5 ribu per gelas. Kepala muda butiran Rp 11 ribu. Sementara es jeruk Rp 8 ribu. Es kelapa jeruk Rp 10 ribu. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template