Dzulhijjah Bulan Favorit Pernikahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dzulhijjah Bulan Favorit Pernikahan

Dzulhijjah Bulan Favorit Pernikahan

Written By Mang Raka on Rabu, 20 September 2017 | 15.30.00

PURWASARI, RAKA - Bulan Dzulhijjah menjadi bulan favorit bagi pasangan kekasih untuk melakukan acara pernikahan. Hal itu menunjukan di Kabupaten Karawang, khususnya di Purwasari sangat selektif dalam memilih tanggal dan waktu pernikahan.
Kepala KUA Purwasari, Drs.Ajmaludin menyampaikan, untuk saat ini sudah tercatat ada sekitar 80 calon pasangan pengantin yang sudah mendaftar diri untuk minta dinikahkan baik di kantor KUA maupun di luar kantor KUA. Menurutnya kondisi tersebut bukan merupakan hal yang aneh lagi baginya, sebab, hampir setiap tahunnya budaya menikah di bulan Dzulhijah selalu ramai dilakukan. "Tahun ini memang lebih tinggi angka pernikahannya dibanding tahun lalu," katanya.
Menurutnya hal tersebut tidak lepas dari kepercayaan masyarakat yang masih mempercayai bahwa melakukan hari pernikahan di bulan Dzulhijah akan mendapatkan kebahagiaan sampai akhir hayat. Maka tidak heran jika baru di tengah bulan saja permintaan acara pernikahan sudah banyak. "Bukan karena ada sesuatu juga bukan ada sesuatu, tetapi sudah jadi budaya dan kepercayaan masyarakat sendiri, padahal semua hari itu bagus buat nikah," tuturnya.
Kepercayaan atau keyakinan masyarakat masih sangat kental dengan penentuan waktu pernikahan bakal berpengaruh terhadap kehidupan rumah tangganya dikemudian hari, oleh karenanya jika di bulan-bula biasa, angka pernikahan juga menurun. Hal itu bisa dilihat dari data yang dipegang oleh KUA Purwasari, angka pernikahan di Purwasari selalu ada dibawah jika dibandingkan dengan angka pernikahan di bulan  Dzulhijjah. "Alhamdulilah, dibulan ini setiap hari numpuk yang mau nikah," ungkapnya.
Untuk masalah biaya pernikahan sendiri kata dia, seperti yang sudah ditetapkan dalam aturan yang ada, bagi yang melakukan pernikahan di KUA maka sama sekali tidak dipungut biaya. Sedangkan bagi mereka yang ingin melaksanakan pernikahan di luar KUA, dikenkan biaya sebesar Rp600 ribu. "Untuk lebih memeudahkan para calon pengantin untuk pembayaran juga dilakukan secara langsung ke Bank," pungkasnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template