Dinding Tugu Proklamasi Banyak Coretan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinding Tugu Proklamasi Banyak Coretan

Dinding Tugu Proklamasi Banyak Coretan

Written By Mang Raka on Selasa, 12 September 2017 | 14.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Tugu Proklamasi Rengasdengklok tidak terawat dengan baik, hal ini bisa dilihat dari banyaknya coretan di dinding tugu bersejarah tersebut. Diharapkan, masyarakat ikut menjaga kebersihan tugu ini.
Salah satu pengunjung Tugu Proklamasi asal Batujaya, Dewi Ratnasari (27), menurutnya Tugu Proklamasi pantas untuk dijadikan tempat wisata. Selain berwisata, para pengunjung banyak disuguhkan dengan berbagai cerita dan sejarah yang menjadi kebanggaan masyarakat Rengasdengklok. Namun sayang, kurangnya perhatian dari dinas setempat, dari dulu Rengasdengklok tidak bisa berkembang dan tetap kumuh. "Aku dukung banget kalau Rengasdengklok ini bisa menjadi tempat wisata, sudah tempatnya luas, banyak ceritanya juga," katanya, kepada Radar Karawang, Senin (11/9) kemarin.
Banyaknya coretan yang tertera di dinding, membuktikan Tugu Proklamasi ini kurang mendapat perhatian, belum lagi dengan sarana dan prasarananya yang kurang mendukung. Seperti tidak adanya lahan parkir yang dianggap aman. "Sayang sekali Tugu Proklamasi ini kurang terawat, masih banyak coretan di tembok-tembok, mungkin kalau ditindak tegas dan dirawat dengan baik tidak bakal seperti ini, kalau parkir pun sayabrada was-was, karena pengelolaannya," ujarnya.
Hal senada dikatakan Gugun, anggota Satpol PP Rengasdengklok, pihaknya sering kali mengingatkan kepada masyarakat, agar menjaga lingkungan Tugu Proklamasi. Selain imbauan, pihaknya sering kali menertibkan warung-warung yang jaraknya terlalu berdekatan dengan dinding Tugu Rengasdengklok. Namun ia mengaku tidak bisa bertindak sendiri, ia juga membutuhkan dukungan dan dorongan dari berbagai pihak untuk membersihkan dan menaikan imej Tugu Rengasdengklok. "Kita sering menertibkan warung-warung yang menempel ke dinding tugu, yang berjualan di dalam tugu, tapi untuk menatanya kita gak bisa sendiri, butuh pihak lain untuk membantu agar tugu bersejarah ini terlihat asri," jelasnya.
Lebih lanjutnya, ia sangat mendukung jika ada salah satu instansi ataupun lembaga masyarakat yang ingin memajukan Rengasdengklok. Selain sebagai anggota Satpol PP, ia juga merasa memiliki bahwa Rengasdenglok ini merupakan tanah kelahirannya sendiri. Ia berharap Rengasdengklok yang ikut andil dalam kemerdekaan bangsa Indonesia bisa menjadi daerah yang banyak dikunjungi dan terus di ingat oleh masyarakat lokal maupun luar, tentunya harus dengan perawatan dan penataan yang serius. "Sudah sangat pantas kalau Rengaadengklok ini menjadi tempat wisata," pungkasnya. (rok)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template