Desa Wanasari Kelola Air Bersih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Wanasari Kelola Air Bersih

Desa Wanasari Kelola Air Bersih

Written By ayah satria on Selasa, 19 September 2017 | 14.57.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Penyulingan air bersih yang di sediakan perusahaan automotive kendaraan bermotor di Kawasan Industrial Internasional Karawang (KIIC) dimanfaatkan warga Kampung Nyangkokot, Desa Wanasari, Kecamatan Telukjambe Barat untuk memenuhi kebutuhan air selama musim kering berlangsung.
Hal itu diungkapkan tokoh masyarakat Kampung Nyangkokot, Desa Wanasari, Budi (51) yang mengaku sudah 10 tahun menjadi penjual air bersih hasil dari penyulingan air sungai ke air bersih. Selama ini warga tidak mengeluhkan perihal air bersih yang dijajakan bahkan permintaan setiap hari makin bertambah. "Semakin meningkatnya populasi, semakin besar pula kebutuhan akan air minum. Sehingga ketersediaan air bersih pun semakin berkurang," ucapnya, kemarin.
Pemerintahan Desa Wanasari sendiri saat ini menggandenga Budi sebagai pelaksana harian penggunaan air bersih tersebut. Sumbangan alat penyulingan air bersih itu pun bukan tanpa alasan dibantu, karena warga sekitar gunakan air sungai untuk kebutuhan konsumsi, namun sejak 10 tahun yang lalu semua warga sudah beralih gunakan air bersih hasil penyulingan untuk di konsumsi, sementara air sungai hanya untuk kebutuhan yang lain di luar untuk konsumsi.
"Harga satu jerigen 20 liter air bersih saya jual Rp 2000 dan hampir setiap hari saya distribusi kan jerigen untuk supplai air bersih ke warga sekitar 100 sampai 200 jerigen air. Permintaan pun kini bukan saja wilayah yang dekat bahkan ada pula warga lain desa membutuhkan air bersih produk penyulingan alat mesin bantuan dari PT. Yamaha Motor Industri," ucap Budi.
Menurutnya, Penyediaan air bersih bagi masyarakat erat kaitannya dengan keluaran-keluaran kualitas pembangunan manusia, dan hubungannya dengan tingkat kesehatan masyarakat, serta secara tidak langsung dampaknya dengan perekonomian masyarakat. "Agar tidak membuat masyarakat akan kesulitan dapatkan air bersih maka harga jual air bersih pun jangan sampai memberatkan mereka, yang nantinya manfaat adanya air bersih bisa di rasakan oleh semua lapisan masyarakat," jelasnya.
Ditempat sama Erat (50) warga kampung yang sama pun mengatakan jika air bersih yang di jajakan oleh Budi cukup memiliki kualitas air bersih yang baik. Dirinya memgakui sudah gunakan air bersih tersebut sejak 3 tahun yang lalu. Menurutnya kualitas air pun bersih dan banyak warga yang konsumsi air tersebut untuk kebutuhan konsumsi saja. "Warga disini cukup terbantu sekali dengan ada nya penyulingan air bersih tersebut sehingga tidak perlu konsumsi air yang tidak baik, sementara sebagian warga di wilayah kami gunakan air sungai untuk kebutuhan yang lain nya," jelasnya.
Diakui Tarmedi (39) tokoh masyarakat Desa Wanasari jika air bersih yang di kelola oleh pemerintah desa Wanasari itu kini di kelola secara Profesional oleh BUMdes Desa Wanasari. Adapun pengambilan retribusi air bersih tersebut sudah di sepakati bersama agar korelasi nya tidak memberatkan warga.  "Kini permintaan semakin meningkat saja dan semua aturan main pengelolaan air oleh pihak BUMDes Desa Wanasari," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template