Cikampek Tidak Punya Terminal Khusus Angkot - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Cikampek Tidak Punya Terminal Khusus Angkot

Cikampek Tidak Punya Terminal Khusus Angkot

Written By Mang Raka on Jumat, 08 September 2017 | 11.30.00

* Dishub Sedang Nyari Lahan

CIKAMPEK, RAKA - Carut-marut lalulintas di Karawang tidak pernah tuntas, hal itu diakibatkan tidak memadainya sarana dan prasarana untuk lalulintas di karawang. Akibatnya, banyak angkutan yang berhenti bebas dimana saja karena tidak ada terminal yang refresentatif, terutama di Kecamatan Cikampek.
Menurut Egi Praja Septiani (26) Warga Dusun Daringo RT 01/04, Desa Pangulah Selatan, masih banyak angkutan umum, yang sering ngetem dipinggir jalan, padahal itu menjadi penyebab kemacetan.  "Dengan banyaknya angkutan umum yang sering ngetem sembarangan, kemacetan juga terjadi dimana-mana, kemudian bisa mengakibatkan kecelakaan, sehingga yang menjadi korban adalah masyarakat," katanya.
Menurutnya, permasalahan itu harus segera diatasi oleh pihak terkait, terutama Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, agar masyarakat tidak terus-terusan menjadi korban. Selain itu, dia juga meminta agar para pengemudi angkutan umum bisa tertib dalam berkendara, akibat tidak tertibnya berkendara, bisa mengakibatkan kematian terhadap pengendara lain. Dia mencontohkan, ketika ada angkot yang berhenti secara tiba-tiba, maka akan mengganggu pengendara lain yang ada dibelakang, apalagi kalau yang dibelakangnya sepeda motor, maka bisa terjadi kecelakaan. "Jangan berhenti sembarangan apalagi dadakan, karena bisa mengakibatkan nyawa seseorang melayang saat terjadi kecelakaan," katanya.
Sementara Ali Tofan (36) warga Dusun Rawa Sari RT 02/07, Kecamatan Kotabaru mengatakan, selain tidak ngetem, di karawang juga masih banyak angkot yang kondisinya sudah tidak laya beroperasi, tetapi masih beroperasi, sehingga saat berada dijalanan sering terjadi mogok, akibatnya menjadi penyebab kemacetan dan kecelakaan juga. "Banyak anggkot butut yang digunakan untuk narik penumpang, sehingga mengakibatkan kecelakaan, karena sudah tidak layak lagi dipakai," ujarnya.
Menangapi banyaknya komplain yang disampaikan masyarakat, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Karawang Rochman, mengakui angkutan umum di karwang masih banyak yang tidak tertib. Hal itu dikarenakan minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh dinas perhubungan. Salah satunya adalah terminal yang tidak memadai. Bahkan khusus untuk di Cikampek, saat ini pemda tidak memiliki terminal, karena terminal yang ada sudah diambil alih oleh kementerian perhubungan. "Kita lagi nyari tempat kosong untuk pengeteman angkot, sebab terminal cikampek sudah punya kementrian, jadi angkot tidak boleh masuk," ujarnya.
Lebih lanjut dia menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, salah satunya adalah pihak PT KAI, karena ada beberapa titik lahan milik PT KAI yang bisa dipotensikan untuk terminal khusus angkot. "Kemarin kita minta lahan kosong milik PJKA sebeleh kiri flayover, yang mau masuknya di sektetariat pemuda pancasila, akan tetapi belum dikasih," ujarnya.(cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template