Baru 75 Persen Program Terealisasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baru 75 Persen Program Terealisasi

Baru 75 Persen Program Terealisasi

Written By Mang Raka on Jumat, 15 September 2017 | 13.30.00

- Rektorat Unisma Tinjau Lokasi KKN

KARAWANG, RAKA - Sejauh ini, upaya ratusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas "45" Islam Bekasi (Unisma) yang bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal, di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur, mampu tercapai 75 persen. Hal tersebut terbukti, saat pihak rektorat kampus sambangi seluruh kelompok yang ada di wilayah kecamatan ini, sebagai salah satu bentuk monitoring dan pengawasan dalam menjalani program KKN di wilayah Kabupaten Karawang.
"Ini tahun kedua kampus Unisma Bekasi, mengadakan KKN mahasiswanya di wilayah Kabupaten Karawang. Untuk pertama kali tahun 2016 lalu di daerah Dengklok dan sekitarnya di pesisiran, dengan total jumlah mahasiswa dulu itu sebanyak 500 orang diberbagai fakultas dan jurusan berbeda, untuk yang sekarang di Kecamatan Telukjambe Timur 180 orang," ungkap, Dr Yayat Suharyat, (Plh) Rektor, Unisma Bekasi, saat melakukan monitoring 9 kelompok mahasiswa KKN.
Yayat mengatakan, dari hasil pengawasan para mahasiswanya tersebut. Tidak sedikit, nyaris setiap kelompok di berbagai desa berbeda, cukup komunikatif dan aktif. Hal tersebut diharapkan dengan adanya KKN ini, memberikan suatu perubahan  positif di wilayah kecamatan ini. "Anak-anak cukup bagus dalam menjalankan KKN di wilayah kecamatan ini, di Kabupaten Karawang. Mereka komunikatif dengan masyarakat ataupun dengan aparat desanya, sehingga dari hasil monitoring ini, saya rasa sudah mencapai target tema KKN di wilayah ini," katanya.
Sehingga, kata dia, meski durasi waktu untuk menjalani program KKN tersebut, terbilang singkat, namun, dapat dimaksimalkan secara efektif dan efisien. "Dari 20 program yang ada disetiap kelompoknya. Baru memasuki minggu ketiga, sudah ada beberapa yang hampir selesai program yang direcanakannya," ucapnya.
Di lokasi yang sama, Dr Didin Abidin, Wakil Rektor 4, Unisma Bekasi, menambahkan, dengan tahapan-tahapan yang sebelumnya diberikan pembekelan terlebih dahulu. Akhirnya, mampu memberikan kemudahan bagi para mahasiswa di kampusnya yang sedang menjalani KKN. "Ini sudah 5 kelompok kami monitoring, sisa 4 kelompok lagi. Sejauh ini, mereka begitu baik dalam menjalankan program kerjanya. Karena sebelum membuat program kerja. Para mahasiswa KKN tersebut, melakukan observasi pencarian data, sehingga ini memudahkan mereka untuk dapat diterima dilapisan masyarakat yang ada di desanya masing-masing," ujarnya.
Di samping itu, Saifulloh, Ketua Kelompok 5 Desa Sukaluyu, menyampaikan, monitoring yang dilakukan pihak rektorat terhadap para mahasiswanya yang sedang menjalani program KKN ini, sangat berkesan. Karena, pihak kampus tersebut bisa dapat langsung melakukan observasi terhadap keberadaan mahasiswa Unisma saat menjalankan program KKN ini."Kebetulan juga, saat pihak rektor berkunjung ke kelompok kami. Kami sedang ada program KKN Berbasis agama, di mana dari hasil observasi kami di Dusun 3 Rawarengas, RT 09/04, Desa Sukaluyu sedang diadakannya pelatihan  kepengurusan amil jenazah. Dimana dengan targetan agar adanya regenerasi anggota amil, karena persoalan di dusun ini, ternyata kekurangan kader yang mengurusi jenazah. Makanya, kami adakan program ini, dengan harapan agar banyak warga di wilayah ini, mengetahui teknis mengurusi jenazah sebagai bentuk fardu Kifayah," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template