Baru 15 Orang Kembalikan Berkas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baru 15 Orang Kembalikan Berkas

Baru 15 Orang Kembalikan Berkas

Written By Mang Raka on Selasa, 26 September 2017 | 14.00.00

- Panwaslu Kabupaten Butuh 51 Panwascam

PURWAKARTA, RAKA- Persiapan Pilkada Purwakarta 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta sudah membuka pendaftaran calon Panitia Penngawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan. Pendafaran sudah dibuka sejak 23 September hingga 30 September mendatang. Sejauh ini, dari puluhan yang sudah mengambil formulir, baru 15 orang yang mengembalikan berkas.
Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este, mengatakan, seleksi panwaslu kecamatan ini, bagian dari tahapan pilkada yang akan diselenggarakan pada 2018 mendatang. Siapapun boleh mengikuti seleksi ini, asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut diantaranya, berusia 25 tahun, warga Negara Indonesia, berdomisili di wilayah kecamatan yang bersangkutan, pendidikan minimal SMA sederajat dan bukan anggota partai politik. "Pendaftaran sudah kami buka dari tanggal 23 September dan akan ditutup pada 30 September," katanya, pada Radar Karawang, Senin (25/9) kemarin.
Syarat lainnya, tambahnya, mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan/atau di Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah pada saat mendaftar sebagai calon panwaslu kecamatan. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih. Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Bersedia tidak menduduki jabatan politik jabatan di pemerintahan, dan atau Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah/Badan Usaha Milik Desa selama keanggotaan apabila terpilih. "Dan tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu," ucapnya.
Sejak pendaftaran dibuka, lanjut Oyang, baru 15 pendaftar yang sudah mengembalikan berkas, padahal yang mengambil formulir puluhan orang. Namun, dia tidak riskan karena waktu pendaftaran masih panjang. Sehingga, dalam beberapa hari kedepan hingga penutupan, bakal ada lagi yang mengembalikan formulir. Kebutuhan panwaslu kecamatan sebanyak 51 orang untuk 17 kecamatan. "Saat ini baru 15 orang yang mengembalikan formulir dari puluhan yang sudah mengambil formulir. Masih ada waktu hingga tanggal 30 September tepat pukul 16.00 WIB resmi ditutup pendaftaran," paparnya. 
Dia menargetkan, pertengahan Oktober, 51 orang panwaslu kecamatan yang terpilih sudah aktif bekerja mengawasi tahap awal pilkada, termasuk rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta. Sejauh ini, pelaksanaan rekrutmen tidak mengalami kendala, meskipun sekretariat panwaslu masih menumpang di gedung PGRI memanfaatkan salah satu ruangan. "Target medio Oktober sudah bertugas. Sehingga tahap awal pemilu sudah benar-benar diawasi, termasuk rekrutmen PPK dan PPS oleh KPU," pungkasnya. (asy)

Syarat Calon Panwascam
-Berusia 25 tahun
-Warga Negara Indonesia
-Domisili di kecamatan yang bersangkutan
-Pendidikan minimal SMA
-Bukan anggota partai politik
-Mundur diri dari jabatan di pemerintahan dan/atau BUMN/BUMD
-Tidak pernah dipidana karena melakukan tindakan pidana yang diancam dengan lima tahun atau lebih
-Bersedia bekerja penuh waktu
-Bersedia tidak menduduki jabatan politik
-Tidak dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template