Bangun Ekonomi Masyarakat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bangun Ekonomi Masyarakat

Bangun Ekonomi Masyarakat

Written By Mang Raka on Selasa, 12 September 2017 | 13.00.00

KOTABARU, RAKA - Warga Desa wancimekar meminta kepada pemerintahan desa untuk membuat program yang bisa meningkatkan kesejahtraan masyarakatnya. Karena program infrastruktur di desa tersebut sudah hampir tuntas, sehingga program yang harus dilakukan selanjutnya adalah program pemberdayaan masyarakat.
Ketua Paguyubang Masyarakat Cariu Bandung, Desa Wancimekar Kecamatan Kotabaru Agus Supriadi mengatakan, setiap pemerintahan desa, mempunyai program untuk meningkan kesejahtraan warganya, namun itu semua tergantung kepala desanya, apakah masih fokus menggarap infrastruktur, atau sudah fokus menggarap pemberdayaan masyarakat. Karena anggaran yang masuk langsung kedesa saat ini tergolong cukup besar jika dibandingkan pemerintahan desa sebelum-sebelumnya. "Tingkat perekonomian masyarakat, bisa ditentukan dari program yang telah dibuat oleh pemerintahan desa," ujarnya.
Ia menambahkan, pemerintah desa harus membuat program, seusai dengan kebutuhun masyrakat, agar masyarakat bisa meningkatkan perekonomiannya secara signifikan, sehingga permasalahan ekonomi yang terjadi di desanya bisa teratasi, maka dari itu, pemerintah harus membuat program pembangunan berbasis masyarakat. "Dalam menyusun program kerja, harus disesuikan dengan kebutuhan masyarakatnya, agar permasalahan yang terjadi bisa teratasi, sehingga masyarakat bisa merasakan hasil dari program yang telah dibuat," katanya.
Menurutnya, banyak pemerintah desa membuat program, lebih keinsfratuktur jalan, khususnya pemerintahan Desa Wancimekar,  padahal masih ada hal lain yang harus digarap, untuk bisa memajukan desa yaitu sektor ekonomi yang cenderung terlupakan. "Harus seimbang antara pembangunan infrastruktur dan perekonomian masyarakat," ujarnya.
Tokoh masyarakat Wancimekar Ustadz Sodikin juga menyampaikan,  pemerintahan Desa Wancimekar harus mulai fokus menggarap sektor perekonomian, mulai dari peningkatan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) sampai para pelaku usaha lainnya, agar dalam menjalankan usahanya, warga merasa diperhatikan oleh pemerintah, sehingga semangat dalam berbisnis juga akan semakin meningkat. "Semoga pemerintahan desa bisa membuat program yang seuai dengan kebutuhan warganya, terutama program perekonomian yang saat ini memang sangat dinanti oleh warga," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template