Aking Ditahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Aking Ditahan

Aking Ditahan

Written By Mang Raka on Rabu, 20 September 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Tiga bulan setelah ditetapkan menjadi tersangka, akhirnya Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Karawang menahan Aking Saputra yang disangka melakukan penodaan agama.
Mantan Dirut PT Tatar Kertabumi, anak perusahaan Agung Podomoro Land (APL) ditahan penyidik karena pertimbangan untuk kelancaran persidangan. "Kita sudah menetapkan tersangka AS untuk dilakukan penahanan, karena pertimbangan subyektif penyidik yaitu tidak melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan yang penting lagi untuk kelancaran persidangan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Sukardi didampingi Kasipidum Prio Sayogo kepada wartawan, Selasa (19/9) kemarin.
Menurut Sukardi, kasus yang menjerat Aking merupakan kasus penting, karena menarik perhatian masyarakat. "Tim penuntut umum yang menangani kasus ini kita pilih dari jaksa senior," katanya.
Dikatakannya, penahanan terhadap tersangka sudah melalui mekanisme dengan berbagai pertimbangan yang dilakukan tim penyidik kejaksaan. "Yang utama untuk kelancaran persidangan agar proses sidang nanti tidak ada masalah," katanya.
Perkara penistaan agama ini akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Karawang, untuk ditetapkan hakim yang menangani perkara ini, sekaligus dengan jadwal persidangan. "Kita akan kordinasi dengan pihak pengadilan untuk proses persidangannya," katanya. (ops) 

Dibelit Kasus Penistaan Agama

22 Mei
Aking Saputra dilaporkan oleh Forum Masyrakat Karawang karena dianggap menghina umat Islam lewat tulisannya di Facebook.

23 Mei
Aking meminta perlindungan kepada kepolisian karena khawatir keselamatan dirinya dan keluarga.

31 Mei
Polres Karawang melakukan gelar perkara, namun tidak ada keputusan soal status Aking. Kepolisian masih membutuhkan tambahan saksi lagi

3 Juni
Gelar perkara kedua dilakukan Polres Karawang. Penyidik akhirnya meningkatkan status perkara dari penyelidikan ke penyidikan.

7 Juni
Gelar perkara ketiga dilakukan. Namun status Aking masih saksi.

8 Juni
Peyidik Polres Karawang mengajukan pencekalan Aking ke pihak Direktorat Jenderal Imigrasi.

12 Juni
Aking akhirnya ditetapkan menjadi tersangka

6 Juni
Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng menyatakan berkas kasus Aking sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

4 September
Penyidik kejaksaan mengeluarkan surat P21. Artinya berkas perkara Aking sudah lengkap dan selangkah lagi masuk meja pengadilan.

19 September
Penyidik kejaksaan akhirnya menahan Aking.
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template