Ada Celah Penyimpangan Dana Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada Celah Penyimpangan Dana Desa

Ada Celah Penyimpangan Dana Desa

Written By Mang Raka on Rabu, 20 September 2017 | 12.30.00

- Kades Dilarang Buat Kuitansi Fiktif

PURWAKARTA,RAKA- Dalam rangka pengawalan realisasi kucuran dana desa, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kumpulkan para kepala desa di Aula Janaka, Kompleks Sekretariat Daerah Purwakarta, Selasa (19/9). Terdapat 183 desa di Purwakarta yang menerima dana yang dialokasikan melalui APBN tersebut. Selain bupati, dalam pertemuan ini hadir juga, Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Panda Dinata.
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, menekankan pentingnya tanggung jawab para kepala desa dari segi administratif maupun kualitas pekerjaan. Ini penting, agar penggunaan dana desa melahirkan manfaat tanpa terbebani masalah yang mencederai penggunaan dana tersebut. "Saya tekankan penggunaan dana desa harus dipertanggungjawabkan dari aspek administrasi dan kualitas pekerjaan," tegasnya.
Dari segi administratif, Dedi sempat membahas 'permainan' yang seringkali dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan membuat kuitansi fiktif pembelian barang. Padahal, faktanya, barang tersebut tidak pernah dibelikan. "Awas, ini harus teliti, besar atau kecilnya dana harus ada pertanggungjawabannya. Jangan sekali-kali uang rakyat ini diselewengkan, apalagi dengan melakukan kebohongan dengan bon fiktif," ujarnya.
Kualitas hasil pekerjaan yang dibiayai oleh dana desa pun turut menjadi sorotan pria yang kini sangat lekat dengan peci hitam lengkap dengan lambang burung garuda tersebut. Menurut dia, hasil pekerjaan harus sesuai dengan klasifikasi, agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. "Kalau pihak kejaksaan datang melakukan pemeriksaan, ya jangan takut, sambut dengan baik. Makanya pekerjaan harus benar, fokus dan sesuai klasifikasi," katanya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Purwakarta, Panda Dinata, mengatakan bahwa jika dilihat dari aspek administrasi, penggunaan dana desa di Purwakarta relatif aman. "Rata-rata soal administrasi ini aman ya, seluruh unsur juga turun ke lapangan untuk memeriksa hasil pekerjaan, ada dari pihak kejaksaan bahkan Pak Bupati sendiri sering langsung memeriksa," pungkasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template