20 Pasutri Dinikahkan Ulang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 20 Pasutri Dinikahkan Ulang

20 Pasutri Dinikahkan Ulang

Written By ayah satria on Sabtu, 30 September 2017 | 15.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Bertahun-tahun tidak punya surat nikah, ratusan pasangan nikah siri di Desa Sukaluyu bisa tersenyum lega. Mereka akhirnya bisa mencatatkan namanya secara resmi di buku nikah lewat sidang isbat massal, Jumat (29/9).
Kegiatan yang dipusatkan di aula serba guna Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur itu diikuti 20 pasangan dari berbagai wilayah di Desa Sukaluyu. Sidang isbat massal ini kebanyakan diikuti pasangan yang tidak lagi berusia muda. Bahkan, diantaranya sudah ada yang berusia 40 tahun dan 50 tahun. Mereka rata-rata juga berasal dari keluarga tidak mampu.
Kegiatan yang diinisiasi Pemerintahan Desa Sukaluyu bekerjasama dengan Karang Taruna Sukaluyu juga mitra beberapa perusahaan di lingkungan Desa Sukaluyu mendapat sambutan antusias warga. Sidang nikah isbat nikah ini sangat menguntungkan bagi masyarakat, terutama bagi pasangan yang nikah siri dan belum mendapatkan buku nikah.
Seperti diutarakan Kepala desa Sukaluyu Hj. Ayum Nurlaelasari, agenda yang baru pertama dilaksanakan di lingkungan Kecamatan Telukjambe Timur itu dilakukan untuk masyarakat yang sampai saat ini belum mendapatkan legalitas negara dalam bentuk akta atau surat nikah. Sebab saat ini di Desa Sukaluyu masih banyak pasangan suami istri yang nikah secara siri atau di bawah tangan, sehingga banyak pasangan belum memiliki buku nikah. "Kami berharap kegiatan ini nanti bisa membawa manfaat lebih untuk masyarakat mendapatkan administrasi kependudukan. Karena, dengan adanya akta dan surat nikah maka ini merupakan pintu pertama mengurus administrasi kependudukan lainnya," tegasnya.
Nanang Patoni. SH. MH. Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Karawang menjelaskan kegiatan isbat massal itu cukup baik, terlebih dipelopori oleh pemerintah desa. Dirinya menjelaskan, bahwa Pengadilan Agama sebagai pelayanan memang sudah seharusnya melaksanakan Sidang Isbat Nikah itu dengan baik di masyarakat. "Saya berpesan agar masyarakat bisa memenuhi administrasi dengan baik agar penyelesaian sidang isbat pun bisa di laksanakan dengan sah," jelasnya.
Ditambahkan Sekertaris Desa Sukaluyu, Ahmad Jazuli kegiatan Sidang Isbat Nikah itu merupakan bentuk kerjasama Pemerintah Desa dengan Karangtaruna serta mitra perusahaan yang prduli. "Antusias warga pun cukup banyak dan bukan tidak mungkin kami akan kembali mengadakan kembali kegiatan seperti ini," tandasnya.
Secara terpisah pasutri yang disahkan pernikahan melalui sidang Isbat, Talim Suryana (45) dan  Odah sukaedah (42) mengaku bersyukur status pernikahannya sudah sah dan diakui oleh negara.  "Saya Apresiasi sekali kepada Ibu Lurah dan Karangtaruna yang bisa mengadakan kegiatan Pernikahan Isbat sehingga sah secara administrasi negara, selanjutnya kami akan mengurus administrasi keluarga kami dengan nyaman," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template