2 Layanan Online Dilaunching - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 2 Layanan Online Dilaunching

2 Layanan Online Dilaunching

Written By Mang Raka on Jumat, 15 September 2017 | 12.00.00

*Pangkas Aksi Percaloan

KARAWANG, RAKA - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) meluncurkan aplikasi Performance Agreement Report by Elektronic (Pare). Aplikasi itu akan digunakan untuk penyusunan, perencanaan, pelaporan dan penilaian kinerja yang dilakukan Setiap bulan oleh PNS secara online. 

"Alhamdulillah tadi (kemarin pagi) sudah di laonching (aplikasi pare) oleh ibu bupati," tutur Kepala BKPSDM Asep Aang Rahmatullah S.STP. MP kepada Radar Karawang, Kamis (14/9). Dia menyampaikan aplikasi Performance Agreement Report by Elektronic merupakan aplikasi e-Kinerja berbasis web dan mobile. Aplikasi itu berlaku efektif Januari 2018.
Kata Asep ujicoba aplikasi pare akan dilaksanakan Oktober hingga Desember mendatang. Apabila tidak melaksanakan uji coba PNs akan dikenakan pengurangan TPP sebesar 10% perbulan (sesuai dengan ketentuan bupati Karawang nomor 37 tahun 2017). "Tujuannya untuk mengukur Kinerja PNS secara elektronik, harapan PNS bisa tepat waktu termasuk lokasi GPS juga nanti itu para PNS agar melaporkan disetiap harinya apa saja yang dikerjakan hari itu dan semuanya bisa diukur dengan rupiah. Artinya akan ada pembeda antara PNS yang bekerja dan PNS yang tidak bekerja," terangnya.
Asep berharap dengan adanya aplikasi tersebut bisa menumbuhkan semangat dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksinya masing-masing. Sehingga kualitas kinerja dalam satu hari bisa terus meningkat dan menjadi bahan evaluasi bersama. "Harapan kita ditiga bulan ini bisa mengaplikasikannya dan efektifnya di tahun 2018 mendatang," tutur Asep.
Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Palayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Drs Dedi Ahdiat, disinggung mengenai aplikasi Sistem Informasi Tepat Dalam Pelaksanaan Tranparan Dalam Pelayanan Efektif dalam Proses Handal Dalam Pengelolaan (siteteh), yang juga dilaunching bupati kemarin di Lapangan Karangpawitan, menyampaikan, program aplikasi itu juga berbasis online dan bertujuan mempercepat proses  perizinan ke dinas.
"Apabila pemohon bisa melengkapi persyaratan itu tidak harus melakukan tanpa ketemu dengan petugas. Proses dari SOP (Standar Operasional Prosedur) itu 14 hari mudah mudahan bisa kurang dari 14 hari kalau dengan sistim online ini. Tetapi itu tergantung kepada kecepatan dari pemohon, tujuannya ini percepat proses pelayanan publik yang harus dilaksanakan dengan cepat," tuturnya.
Kata Ahdiyat pelayanan yang dionlinekan itu yang sifatnya administratif yang tidak perlu kelapanganan. Seperti dokter, praktek bidan, praktek apoteker, SITU dan SIUP. Kurang lebih ada delapan jenis perizinan yang dionlinekan. "Aplikasi ini mulainya hari ini (kemarin), sistemnya disebar bahwa kami memberikan perizinan dengan sistem online. Contoh kalau izin praktek dokter itu ada persyaratannya diaplikasi tinggal mengikutinya," tuturnya.
Dilanjutkan Ahdiyat, jika persyaratan sudah lengkap dan sudah di ACC diaplikasinya itu bisa langsung diambil ke Dinas. Cukup memperlihatkan dokumen asli persyaratan karena dilakukan verifikasi itu sudah ada diaplikasi yang diketahui oleh kasi dan kabid kemudian kepala dinas. "Program ini diawali di HUT Karawang. Kita nawaitu bahwa perijinan akan dibenahi sedikit demi sedikit dan kami juga bekerjasama dengan bidang pencegahan dari KPK sehingga ada bimbingan terus," tandas Ahdiat.
Aplikasi ini, terang Ahdiat tujuannya untuk menghindari percaloan. Jika terjadi kesalahan itu bukan dari pihak kami melainkan atas pemohon. "Masyarakat segera gunakan aplikasi ini kami tidak mengungut biaya," tandas Ahdiat. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template