Waspada Bahaya Kanker Serviks - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspada Bahaya Kanker Serviks

Waspada Bahaya Kanker Serviks

Written By Mang Raka on Sabtu, 26 Agustus 2017 | 12.30.00

KLARI, RAKA - Warga Desa Duren, Kecamatan Klari diberikan pemahaman akan bahayanya kanker serviks yang bisa menular kepada setiap wanita. Pasalnya 83 persen perempuan di Indoneisa rentan terjangkit penyakit yang menyerang organ intim tersebut.
Dokter Ammi narasumber kegiatan sosialisasi bahaya kanker serviks menyampaikan, hampir Rp500 ribu wanita meninggal dunia setiap tahunnya karena kanker serviks. Berdasarkan data yang dihimpunannya dari yayasan Kanker Indonesia dan Badan Kesehatan Dunia bahwa hampir 83 persen perempuan di Indoneisa mudah terjangkit penyakit kanker serviks. "Jangan dianggap sepela dan mudah penyakit ini bisa mengakibatkan kematian bagi yang sudah terkena penyakit vagina," katanya.
Oleh karenanya, dia meminta kepada setiap masyarakat di Karawang khusunya di Desa Duren untuk bisa menghindari bahaya penyakit tersebut. Dia menjelaskan, kanker servinks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim yaitu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. "Penyakit ini disebabkan oleh human papiloma virus (HPV) yang menyerang leher rahim, jika sudah memasuki tahap lanjut bisa menyebar ke organ tubuh lainnya," terangnya.
Di berharap, dengan sosialisasi tersebit bisa memberikan pengetahuan bagi kaum wanita tentang kanker serviks, sehingga bisa menjaga kesehatan reproduksi dan meningkatkan kesadran wanita subur untuk melakukan deteksi dini kanker serviks. "Setiap wanita diharapkan tetap selalu waspada terhadap penyakit kanker serviks," pesannya.
Kasi Pemerintahan Desa Duren Lili Sukarli menyampaikan,  sosilisasi tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat bagi para wanita dan masyarakat yang ada di Desa Duren. Meskipun masih belum ada masyarakat yang terkena penyakit tersebut. Namun tingkat kehawatiran dalam timbulnya bahaya tersebut tetap harus diperhatikan. "Alhamdulilah sampai saat ini belum ada warga yang kena penyakit tersebut," ungkapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template