Warga Curug Dipungut Rp400.000 untuk Buat KTP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Curug Dipungut Rp400.000 untuk Buat KTP

Warga Curug Dipungut Rp400.000 untuk Buat KTP

Written By Mang Raka on Selasa, 29 Agustus 2017 | 15.30.00

KLARI, RAKA - Ternyata masih banyak pelayanan publik yang diuangkan oleh oknum pegawai pemerintahan desa di Kabupaten Karawang, seperti yang dialami oleh Asep Maulana (19) salah satu warga Desa Curug, Kecamatan Klari, dia harus mengeluarkan uang sebesar Rp 400 ribu untuk mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
"Katanya harus ke kantor kecamatan nganterin persyaratannya, tau begini mah mending bikin sendiri, nggak usah bayar orang," aku Asep kepada Radar Karawang, Senin (28/8) di Kecamatan Klari.
Dia menyampaikan, awalnya dirinya memang tidak pernah merasa keberatan karena uang yang dibayarkannya tersebut merupakan uang jasa bagi ketua RT yang sudah membantunya untuk membuat KTP. Tetapi kenyataannya dia harus mengurus sendiri, sehingga merasa kesal. "Jadi keselkan, padahal sudah dibayar itu yang ngurusnya," ujarnya.
Dia juga bercerita, tidak ada plihan lain harus segera  memiliki KTP. Karena menjadi salah satu persyaratan untuk bisa bekerja di salah satu perusahaan ditempat yang akan dia lamar. Jika belum memiliki KTP, dia mengaku sulit untuk bisa masuk kerja ke perusahaan. "Buat kerja dan buat kepentngan lainnya juga, ditilang aja yang paling pertama ditanya KTP kalau nggak punya takut disangka teroris," ucapnya.
Sementara Camat Klari Rachmat menegaskan, dirinya tidak mengetahui benar bahwa ada salah satu warganya yang mesti membayar untuk pembuata kartu kependudukan. Karena semua pelayanan yang brkaitan dengan kantor kecamatan digratiskan. "Saya kurang tau tuh, soalnya kalau di kecamatan itu gratis, mungkin ada oknum yang bermain," tuturnya.
Dirinya memerintahkan kepada setiap pekerjanya untuk tidak memungut uang sepeserpun dari masyarakat terkait pelayanan. Oleh karenanya, saat mendegar adanya pungutan, dirinya langsung meminta kepada aparat petugas untuk menyelesaikannya. "Nanti saya telepon dulu orang yang bersangkutanya," ungkapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Sudah bukan rahasia umum lagi jk aparatur desa selalu meminta uang spt pngurusan ktp..kartu keluarga dll...makanya kades2 harus tegas pecat aja jgn dipiara pegawai desa spt itu...hampir tiap deaa ada punglinya ...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template